Cepat Tidur
Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar bisa cepat tidur. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Walau sudah mandi, beribadah, berdoa, dan bahkan telah menyantaikan pikiran dari berbagai beban hidup yang ada, sayangnya hal itu tidak membuat kita bisa cepat tidur sama sekali.

Padahal besok kita harus bangun pagi lagi untuk ke kantor. Lalu bagaimana ya supaya kita bisa cepat tidur senyenyak-nyenyaknya?

Gampang guys! Lakukan saja  trik berikut ini yang secara ilmiah sudah terbukti ampuh untuk membuat kita  cepat tidur dan terbang ke alam mimpi berikut ini.

BACA JUGA: Bukan Sekedar Fashion, Berikut Lima Manfaat Kaos Kaki Buat Cowok

Gunakan Kaos Kaki

Kebanyakan kita Pastinya tidur tanpa alas kaki sama sekali. Wajar. Karena hal ini terasa lebih enteng dan nyaman.

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh International Science Journal, terbukti bahwasanya tidur dengan menggunakan kaos kaki akan membuat kita lebih cepat terlelap.

Hal ini dikarenakan ketika kita menggunakan kaos kaki, kedua kaki otomatis langsung menjadi hangat.

Saat  kedua kaki hangat, laju pembuluh darah di kedua kaki akan melebar yang alhasil, membuat laju pembuluhnya berjalan dengan sangat lancar.

Kalau memang masih tidak suka untuk menggunakan kaos kaki, alternatifnya adalah dengan menutup kedua kaki dengan selimut tempat tidur.

BACA JUGA: Dampak Buruk Tidur Lebih Lama di Akhir Pekan

Tidur Di Tempat Yang Adem dan Dingin

Tidur di tempat yang memiliki temperatur sejuk dan dingin, faktanya bukan hanya sekedar untuk merasa nyaman saja.

Telah terbukti secara ilmiah, bahwa udara yang dingin akan membuat aktivitas otak langsung ke dalam mode “cooling down”.

Dan apabila otak sudah berada dalam mode tersebut, proses tidur pun akan jauh lebih lelap. Nah untuk mendapatkan kesejukan ini, pastikan posisi AC di kamar berada di kisaran 18 derjat celcius.

BACA JUGA: Jangan Konsumsi Makanan Ini Sebelum Tidur

Basuh Wajah Dengan Air Dingin

Memang kita sudah mandi lagi sebelum tidur. Tapi kenyataannya, kedua mata kita masih sangat terjaga bukan? Oleh karenanya langsung saja ke kamar mandi lagi dan basuh wajah dengan air yang paling dingin.

Menurut penelitian, langkah ini akan memberikan sensasi “shock-relax” di seluruh sistem jaringan saraf tubuh kita.

Nah sensasi yang didapat ini, akan langsung membuat kita berasa ingin cepat tidur sepulas-pulasnya.

BACA JUGA: Nggak Cuma Bikin Adem, Ragam Manfaat Tidur di Lantai Bagi Kesehatan 

Gunakan Teknik Pernapasan 4-7-8

Teknik pernapasan 4-7-8 adalah seperti berikut: Tarik nafas dalam 4 hitungan, lalu tahan hingga hitungan ke 7, dan keluarkan hingga hitungan ke delapan. Proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit.

Kalau masih belum bisa juga, lakukanlah secara berulang-ulang. Teknik ini terbukti ampuh buat kita cepat tidur.

Karena ketika kita menahan nafas hingga hitungan ke 7, secara tidak langsung hal ini akan memberikan efek menenangkan terhadap sistem saraf parasimpatetik kita yang mensugestikan otak kita untuk segera tidur.

BACA JUGA: Ragam Manfaat yang Kamu Dapat Bila Tidur Tanpa Bantal

Meminum Teh Chamomile

Sesuai namanya, Teh Chamomile terbuat dari ekstrak bunga chamomile. Dan seperti yang telah diteliti oleh banyak ahli kesehatan, ekstrak chamomile memiliki manfaat yang sangat menyehatkan bagi tubuh yang mana salah satunya, membuat kita cepat tidur.

Hal ini dikarenakan teh ini memiliki efek yang super menenangkan. Intinya teh ini adalah obat tidur tanpa efek samping yang super efektif.

Agar bisa berjalan fungsinya, buat dan panaskan teh-nya sekiranya setengah jam sebelum tidur.

Setelah semuanya jadi, minumlah secara perlahan (sip) hingga terasa benar-benar sudah mengantuk berat.

Cara ini sekali lagi, sudah sering digunakan selama berabad-abad agar kita dapat cepat tidur. Silahkan dicoba ya guys! (Sbg/Mrv)

Comments