Sabigaju.com – Pulau Bali yang biasanya meriah oleh pesta semalam suntuk bakal senyap selama sehari semalam dalam Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 jatuh hari Sabtu (17/3).

Kesunyian Bali itu dikarenakan penduduknya yang mayoritas beragama Hindu itu sedang menjalankan ritual Catur Brata Penyepian yang akan berlangsung selama 24 jam hingga Minggu (18/3) pukul 06.00 Wita.

Catur Brata Penyepian berupa berdiam diri di dalam rumah sambil melaksanakan empat pantangan; tidak melakukan kegiatan (amati karya), tidak menyalakan lampu atau api (amati geni), tidak bepergian (amati lelungan) serta tidak mengadakan rekreasi, bersenang-senang atau hura-hura (amati lelanguan).

Trending Topic

Sejumlah operator seluler juga sudah mulai menonaktifkan layanan internetnya sesuai dengan kebijakan Kemenkominfo dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 378 tahun 2018 yang mengimbau penyelenggara telekomunikasi, penyedia layanan internet di Bali untuk mematikan internet saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940.

Jika Suasana di Bali begitu senyap tidak demikian halnya di jagat Twitter.

Warganet begitu ramai mengucapkan selamat hari raya Nyepi kepada para penganut yaang menjalani hari raya tersebut.

Saking ramainya warganet yang menghaturkan, ucapan Selamat Hari Raya Nyepi pun menduduki puncak teratas trending topic Twitter di Tanah Air.

Patroli Pencalang

Di wilayah Desa Adat Tuban, Badung, jalanan di kawasan tersebut sudah mulai lengang tanpa terlihat adanya aktivitas masyarakat.

Petugas keamanan adat Bali (pencalang) di kawasan Desa Adat Tuban tampak berpatroli memastikan tidak ada warga yang melakukan aktivitas di luar rumah.

Pecalang juga mendirikan  pos jaga di perbatasan desa dan di sejumlah persimpangan jalan untuk memastikan pelaksanaan Nyepi.

Bandara Internasional Ngurah Rai Bali  berhenti beroperasi mulai Sabtu (17/3) pukul 06.00 WITA sampai Minggu (18/3) pukul 06.00 WITA.

Tol Bali Mandara juga ditutup selama 32 jam, mulai Jumat (16/3) pukul 23.00 WITA hingga Minggu (18/3) pukul 07.00 WITA. Begitu juga dengan Pelabuhan Lembar dan Padangbai.

Nyepi Jadi Daya Tarik Wisata

Paket wisata Nyepi banyak ditawarkan oleh hotel-hotel yang berada di kawasan Kuta, Seminyak, Canggu, Ubud, sampai Nusa Dua.

Hard Rock Hotel Bali menawarkan paket untuk tamunya untuk menyaksikan ritual Melasti dan pawai Ogoh-ogoh dari depan komplek hotel.

Sementara itu hotel Alila Seminyak dan W Retreat & Spa Bali menawarkan paket menginap plus relaksasi spa selama Nyepi.

Dan Hotel Tugu di Canggu menawarkan paket menginap sekaligus santap menu khas Nyepi yang biasanya disajikan oleh keluarga di Bali.

Bagi wisatawan, terutama dari mancanegara, senyapnya suasana malah membuat Pulau Dewata menjadi lebih eksotis

 

Comments