Stres di tempat kerja
(Sumber: Freepik.com)

Sabigaju.com – Gaes, jika kamu sering mengalami stres di tempat kerja ataupun kantor, kamu harus waspada nih. Soalnya tingkat stres atau tekanan pekerjaan akan berpengaruh besar dalam hubungan, terutama yang masih dalam tahap pacaran ataupun pada hubungan kalian yang sudah berkeluarga.

Bayangkan, saat lagi stress mungkin kita ingin menyendiri saat tiba di rumah, sampai akhirnya mengecewakan pasangan yang tidak sabar untuk mengobrol dengan kita.

Pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi dapat menguras mental, sehingga hanya tersisa sedikit kesabaran, toleransi, serta kebaikan saat kita pulang. Ini dapat merusak hubungan asmara.

BACA JUGA: Sering Makan di Kantor Punya Dampak Serius Lho Gaes 

Stress di Kantor mengubah Dirimu

Dalam hasil penelitian yang dilakukan Lisa Neff dan Benjamin Karney, psikolog dari Amerika Serikat terhadap 228 pasangan yang sudah bersama beberapa tahun terungkap bahwa stres di tempat kerja secara tidak langsung mengubah seseorang.

Kelelahan, dikejar target, tumpukan pekerjaan yang tidak selesai dan semua masalah kantor akan mengendap dan menimbulkan kebencian, kemarahan.

Sayangnya, hal itu sulit dilampiaskan di kantor, akhirnya pelampiasan termudah adalah orang yang dekat dengan Anda, disengaja ataupun tidak.

Yup, seseorang bisa menjadi pemarah karena masih membawa masalah pekerjaan, sehingga meninggikan suara pada anak-anak dan pasangan, semua karena stres di tempat kerja.

Ujung-ujungnya, selalu ada pertengkaran bahkan berakhir dengan memutuskan hubungan.

Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena yang berubah bukanlah Anda atau pasangan, tetapi kondisi stres akibat pekerjaan yang sering tidak disadari.

BACA JUGA: Dampak Baperan di Kantor Terhadap Karirmu

Kelola Stress

Nah, ada cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengelola stres di kantor dengan cara sehat sehingga kita tidak melepaskan rasa frustasi kita kepada keluarga, yaitu tidur dan olahraga.

Waktu tidur yang sesuai kebutuhan terkait dengan kemampuan untuk mengatasi tekanan dan mengelola perasaan dengan cara sehat.

Selain kamu perlu berolahraga setiap hari. Hal ini  bisa membantumu berhenti meluapkan rasa frustasi atau stres di tempat kerja terhadap orang-orang yang kamu cintai.

BACA JUGA: Ke Kantor Bakal Lebih Sehat Tanpa Kendaraan Pribadi

Olahraga juga dapat membantumu tidur lebih baik, dan menciptakan siklus positif dalam hidup kita.

Olahraga dan kualitas tidur bisa membuat kita mendapatkan suasana hati yang lebih baik saat pulang kerja. Hal itu juga bisa membuat hubungan yang lebih sehat dengan pasangan.

Yang  jelas, kamu  tidak hidup 24 jam untuk bekerja.  Dan bukankah menceritakan beban stres di tempat kerja kepada pasangan jauh lebih baik dibandingkan marah-marah. (Sbg/Rig)

Comments