gaya streetwear Rusia
(Foto: Instagrm.com/krakatauwear)

Sabigaju.com – Gaya streetwear yang menjamur di berrbagai penjuru dunia rupaya juga merambah ke Rusia.

Ternyata merek-merek streetwear asal Rusia tidak saja menarik karena designnya, tetapi juga karena gaya streetwear di Rusia turut dipengaruhi oleh latar belakang sejarah perjalanan hidup Rusia itu sendiri.

Gaya streetwear ala Rusia bisa dibilang justru lebih fashionable. Untuk warna orang Rusia kurang menyukai warna cerah. Mereka cenderung lebih melirik warna pastel yang lebih soft

Gaya streetwear asal Rusia  digemari lantaran cukup fungsiona saat dikenakan .Dari segi potongan pun, orang Rusia menyukai potongan yang simple dengan tidak terlalu banyak detail namun tetap berkelas.

Berikut adalah beberapa brand asal Rusia yang mempengaruhi trend streetwear di negeri tersebut Rusia, yang dirangkum oleh Albatrostrip:

BACA JUGA: Ragam Souvenir Apik dari Negeri Rusia

1. Outlaw Moscow

Brand streetwear asal rusia   Outlaw Moscow dapat dikatakan masih muda, tetapi merek ini telah berhasil menarik banyak perhatian dunia.

Didirikan oleh duet desainer Rusia, Di Minrakhmanova dan Maxim Bashkaev, mereka berkonsentrasi pada desain pakaian yang sophisticated dan mewakili budaya gaya busana Moskow yang sangat independen dan unik.

Merek Outlaw Moscow tidak saja sekedar merek pakaian, tetapi merek ini didesain untuk menciptakan image atau gaya anak muda yang kreatif dan professional muda yang berbakat.

Selain itu, koleksi-koleksi dari merek ini merepresentasikan kebebasan berpikir dan independensi.

Koleksi Outlaw Moscow meliputi jaket bomber, baju olahraga, jacket  kimono dua sisi. serta sepatu kets Trailfox Graphic yang selalu terjual habis dengan cepat.

Brand yang didirikan dari Moscow ini, kini sudah mulai berkembang pada tingkat global.  Terlebih saat beberapa waktu lalu Outlaw Moscow pernah berkolaborasi dengan PUMA.

2. Sputnik 1985

Brand streetwear asal rusia lainnya adalah Sputnik 1985 yang didirikan oleh Sergei Pakhotin di Moskow ini, didirikan dalam rangka membuat trend mode pakaian jalanan Rusia pasca Uni Soviet runtuh.

Design koleksi pakaian mereka ini dibuat sederhana dan menginspirasi kebanyakan anak muda di Rusia.

Selain itu, design pakaian merek ini berfokus pada ingatan-ingatan nostalgia atau kesan-kesan kehidupan pada era tahun 90-an.

View this post on Instagram

#sputnik1985

A post shared by СПУТНИК1985 (@sputnik1985) on

Karena merek ini berfokus pada representasi visual dari budaya kelas pekerja pada tahun 90-an, maka contoh slogan-slogan tulisan dalam pakaian mereka

Mereka memasukan berbagai slogan seperti diantaranya “I’m worse than You” atau “No chances” merupakan cerminan perjuangan identitas baru bagi mereka yang lahir pada tahun 80-90an terhadap kompleksitas masa depan dan tempat mereka di dunia.

Produk-produk dari merek ini didesain untuk memberikan kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari tanpa mengesampingkan kemewahan.

BACA JUGA: Kerennya Jam Tangan Buatan Rusia, Anti Mainstream Gaes! 

3. Volchok

Volchok adalah salah satu merek streetwear yang terkenal di Rusia. Didirikan pada tahun 2014 oleh Vasily Volchok-Rusakovich, merek ini berkembang tidak hanya di Rusia tetapi juga di seluruh Eropa, dan baru-baru ini mereka telah membuka outlet di Kiev, Berlin dan Barcelona.

Produk-produk Volchok sendiri diantaranya adalah kaos, kaus, celana, kaus kaki, jubah, mantel, dan pakaian lainnya untuk pria dan wanita.

Volchok mengklaim bahwa produk-produk mereka ini menceritakan kisah-kisah gothic Rusia. Sementara itu, majalah-majalah mode menganggap bahwa produk-produk Volchok merupakan gambaran estetika trend pakaian di Rusia pasca-Uni Soviet runtuh.

Volchok bekerja sama dengan para seniman, musisi dan aktivis, sehingga hasil koleksi pakaian yang diproduksi memiliki  nila dan konsep ideologis yang kuat.

4. AFour

Brand streetwear asal Rusia ini ini didirikan pada tahun 2009 dan langsung beroperasi dengan menggunakan teknologi canggih.

Bagi pencinta sepatu kets, merek streetwear ini adalah salah satu yang terbaik dalam bisnis sepatu kets, terutama dalam pembuatan sepatu handmade.

Semua sepatu AFour adalah handmade sejak dari awal hingga akhir proses pembuatannya. Yang terbaik dari semuanya, pengunjung situs Afour dapat membuat atau merancang sepatu mereka sendiri.

Pengunjung situs AFour dapat menggunakan fitur konstruktor sepatu online di website untuk merancang sepatu handmade mereka sendiri dan sesuai dengan selera mereka.

BACA JUGA: Dagestan, Negeri Kelahiran Para Petarung di Atas Awan 

5. Krakatauwear

Brand streetwear berkualitas istimewa lain asa Rusia adalah Krakatauwear yang memiliki berbagai koleksi mantel techwear yang keren dan berwarna gelap

berbagai koleksi brand streetwear asal Rusia ini merupakan impian bagi mereka yang gemar kepraktisan. Dan dari segi kualitas tentunya mampu bersaing dengan produk besutan Patagonia atau The North Face.

Brand streetwear ini memberikan sentuhan  yang fungsional dan serbaguna seperti adjustable hood, serangkaian kantong tersembunyi, dan bahan yang tahan air. (Sbg/Mhr)

Comments