Street Workout
Saat ini ada begitu banyak anak muda yang tengah menggilai salah satu olahraga kebugaran yang bernama Street workout. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Para cowok tentunya sangat mengidamkan memiliki tubuh kekar alias berotot. Namun, jika kamu termasuk orang yang tidak punya waktu untuk bergabung menjadi anggota gym tertentu, maka kamu bisa melakukan latihan dengan jalan street workout  dengan melakukan berbagai gerakan di mana pun dan kapan pun kita mau.

Lantas apa yang membedakan olahraga street workout ini dengan olahraga di gym biasa yang juga dapat membentuk otot pada tubuh kita?

BACA JUGA:

Yang Bikin Street Workout Istimewa

Sesuai namanya, adalah jenis olahraga atau latihan yang dilakukan di jalan atau luar ruangan (outdoor).

Latihan yang dilakukan biasanya mengandalkan bodyweight training, atau latihan yang bertumpu pada berat tubuh kita sendiri, sehingga otot dapat terbentuk.

Olahraga ini biasanya menggunakan peralatan sederhana, tidak seperti peralatan olahraga yang terdapat di pusat kebugaran.

Olahraga jenis street workout ini juga semakin banyak digandrungi oleh masyarakat perkotaan dan Perkembangannya cukup baik. Peminatnya  berasal dari berbagai latar belakang. Ada yang pekerja, mahasiswa, hingga anak sekolah.

Street Workout
(Foto: Pixabay)

Contoh latihan yang mudah dilakukan antara lain untuk pemanasan, kamu bisa melakukan jumping jacks, yang selanjutnya bisa dilakukan dasarnya seperti push up dan untuk tingkat lanjut bisa mencoba plunge.

Selain itu ada pula bodyweight exercise adalah latihan kekuatan yang tidak membutuhkan beban tambahan, biasanya hanya menggunakan berat badan praktisinya sebagai perlawanan ketika melakukan gerakan.

Latihan yang paling populer adalah Pull-ups, Chin-ups, Push-ups, Dips, MuscleUps, SitUps, Crunches, dan lain-lain.

Street Workout Meningkatkan Kekuatan Tubuh dan fleksibilitas

Street workout juga melibatkan beberapa gerakan statis seperti Human flag, Front and Back lever, Planche, dan Lai.

Adapun tujuan dari calisthenic dan bodyweight exercise tidak jauh berbeda. Tujuannya adalah meningkatkan kekuatan tubuh dan fleksibilitas juga meningkatkan keterampilan psikomotor seperti keseimbangan, kelincahan dan koordinasi.

Street Workout
(Foto: Unsplash)

Jika kamu tertarik untuk mempelajarinya, kamu bisa tergabung dengan berbagai komunitas ini yang banyak di berbagai daerah di Tanah Air, karena kamu akan dibantu dan diajari bagaimana melakukan street workout yang baik dan benar.

Biasanya Komunitas kebugaran ini berlatih setiap hari Sabtu dan Minggu saat pagi dan hari biasa pada sore hari. (Sbg/Rig)

Comments