Hari Senin
Tak sedikit orang yang hingga kini menggilai slogan I don’t like monday sebagai bentuk kebencian terhadap hari Senin.(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Tak sedikit orang yang hingga kini menggilai slogan I don’t like monday sebagai bentuk kebencian terhadap hari Senin.

Biasanya yang mengatakan itu adalah kalangan pekerja atau karyawan yang keenakan berlibur di akhir pekan dan harus beraktifitas full di hari Senin.

Slogan dari potongan lirik lagu yang dipopulerkan oleh band The Bottom Rats yang ngetop pada Awal 80-an itu sebenarnya adalah hal yang usang dan tak perlu dipertahankan lagi.

Terlebih menurut penelitian, hari Senin merupakan hari yang menyehatkan bagi manusia. Simak ulasanya berikut ini.

BACA JUGA: Liburan di Pantai Pilihan Tepat untuk Sehatkan Fisik dan Mental

Kebulatan Tekad Hidup Sehat Dimulai Saat Senin

Meski keluhan tentang Senin masih terdengar di sana-sini, nyatanya orang lebih fokus pada kesehatan pribadi di awal pekan. Begitu hasil riset yang dipublikasikan American Journal of Preventive Medicine.

Sama halnya dengan yang terjadi di hari Senin. Orang cenderung memilih Senin, dibandingkan hari lain, sebagai hari untuk memulai diet, olahraga, berhenti merokok, dan pergi ke dokter.

Keinginan dan kebulatan tekad saja tentu belum cukup. Kecenderungan ini tidak selalu berbanding lurus dengan mulusnya praktik. Hidup lebih sehat di hari Senin adalah perjuangan. Namun buktinya banyak yang berhasil mewujudkan janji.

BACA JUGA: Ternyata, Mengonsumsi Makanan Sehat Saja Belum Cukup! 

Orang cenderung makan lebih banyak daging di hari Sabtu dan Minggu. Karbohidrat dan alkohol terbanyak dikonsumsi Jumat dan Sabtu.

Sementara kalori paling banyak dikonsumsi hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Demikian menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Science Direct beberapa waktu lalu.

Menurut data pengguna Under Armour MyFitness Pal, orang paling banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur pada waktu Senin. Ini dipicu oleh kebiasaan mengumbar konsumsi asupan sejak Senin hingga Kamis.

BACA JUGA: Menikmati Hidup Itu Perlu Demi Kesehatan Mentalmu

Cara Sehat Menghadapi Hari Senin

Sebenarnya bukan Senin yang harus kamu benci, cobalah Opsi lain, dengan mengubah persepsi untuk memulai hari Senin dengan waras,. Seperti disarankan pakar kesehatan jiwa Ed Harrold berikut ini.

1. Jika pikiran benci Senin muncul, tarik nafas dalam, buang lewat hidung. Lakukan lima kali
2. Berterimakasihlah pada apa yang Anda benci pada hari Senin
3. Saat badan mulai tenang, ambil waktu untuk mengeksplorasi apa yang memicu pikiran        Anda untuk membenci Senin dan curahkan kasih sayang pada diri sendiri
4. Setelah Anda merasa kembali waras, tersenyumlah
5. Bernafaslah teratur dan bayangkan energi baik berputar mengisi seluruh tubuh.

Selamat mencoba. Dan ingat mulai sekarang kamu tak perlu menghabiskan energi untuk membenci hari Senin. (Sbg/Rig)

Comments