BMKG
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, cuaca ekstrem masih terjadi di wilayah Indonesia sepekan ke depan.

BMKG memprakirakan selama sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Kini waktunya kita sadar alias waras untuk tidak lagi mengabaikan peringatan dini yang menginformasikan kita untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat.

BACA JUGA: Waspada Ancaman Hipotermia saat Banjir Melanda

Peringatan Dini  dan Persiapan Menghadapi Kondisi Terburuk

Berbagai dampak dari banjir besar yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya beberapa waktu lalu menggambarkan betapa masyarakat mengabaikan peringatan dini BMKG.

Hal ini adalah ironis, terlebih Indonesia adalah salah satu pengguna internet terbesar tapi justru masyarakatnya mengabaikan informasi penting mengenai bencana.

Kalau saja internet digunakan secara proporsional dan tepat guna, dampak banjir di Ibu Kota tersebut tidak sampai separah ini, bahkan jatuhnya korban jiwa pun bisa dihindari.

informasi prakiraan banjir di Jakarta dan sekitarnya sudah disajikan secara lengkap oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) jauh hari sebelumnya.

BACA JUGA: Seks Saat Hujan Turun, Antara Psikologis dan Biologis 

Cara BMKG Membuat Prakiraan

Mengapa peringatan dini yang disampaikan tersebut seakan tidak diantisipasi oleh publik? Umumnya publik menafsirkan peringatan dini itu sebagai perkiraan yang tidak ada dasar perhitungannya.

Padahal, peringatan dini yang BMKG sampaikan merupakan suatu bentuk prakiraan yang dilandaskan pada perhitungan matematis.

Dasarnya apa? Dasarnya data. Data dari mana? Tidak cukup data satelit, tapi data dari radar-radar.

Ingat! BMKG memiliki puluhan radar kemudian data itu dihitung secara matematis dengan modeling yang ditambah lagi dengan data yang dihimpun dari stasiun cuaca yang tersebar di berbagai daerah.

BACA JUGA: Aplikasi Keren Pemantau Banjir yang Mesti Kamu Download 

Prakiraan dan Upaya Sadar Bencana

Kini, siapa pun jangan lagi mengabaikan apalagi menyepelekan peringatan dari  BMKG.

Pengabaian terhadap peringatan dini,  justru sering terjadi. Dalam pelbagai penelitian setelah musibah, kecelakaan terjadi akibat ada tindakan-tindakan tidak aman.

Peringatan dari BMKG adalah upaya agar Masyarakat seharusnya sudah mulai membudayakan perilaku sadar bencana.

Inti dari semua ini: Pengabaian peringatan dini BMKG bisa mengakibatkan bahaya yang sangat fatal. (Sbg/Rig)

Comments