Yeyap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan saat liburan long weekend
(foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Masyarakat di Indonesia sepertinya  banyak yang akan  berwisata  untuk mengisi liburan long weekend  yang di mulai hari ini Rabu 28 oktober 2020 hingga tiga hari kedepan.

Berkaca dari pengalaman libur long weekend  sebelumnya, cuti bersama berpotensi tercipta kerumunan di tempat wisata. Selain itu, bukan tidak mungkin ttraveler memilih untuk berkunjung ke rumah kerabat.

Kondisi tersebut dikhawatirkan banyak pihak bakal memunculkan klaster baru COVID-19. Para pelancomg ataupun traveler pun diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 selama libur long weekend kali ini.

Tak hanya itu, para pelaku elaku wiata yang menyediakan jasa pariwisata, harus benar-benar berkomitmen untuk menerapkan proteksi diri dari segala bentuk penularan Corona.

Nah ada beberapa tips nih buat kalian tentang hal-hal yang perlu disiapkan selama berwisata saat long weekend.

BACA JUGA: Negeri Monaco, Destinasi Liburan Mewah ala Seleb Hollywood

1. Disiplin 3M

Walaupun dalam suasana liburan kamu jangan lengah  yah gaes untuk selalu menerapkan 3M baik saat dalam kendaraan umum maupun saat berkunjung ke destinasi wisata.

Sebab, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan adalah kunci dari upaya pencegahan penularan Covid-19.

2. Siapkan Hygiene Kit Selama Liburan

Lengkapi hygiene kit kalian dengan hand sanitizer, masker cadangan, sabun cuci tangan, disinfektan, tisu antiseptik, dan lain-lain saat liburan long weekend.

Hygiene kit ini menjadi hal penting yang harus dibawa saat melakukan mobilitas di masa adaptasi kebiasaan baru.

3. Gunakan Kendaraan Pribadi dan Pilih Outdoor

Jika kamu ingin berwisata saat clong weekend kali ini  lebih aman jika mencari tempat wisata outdoor.

Sedlain itu kamu sebaiknya  menggunakan kendaraan pribadi saat liburan cuti bersama. Pastikan sebelum dan sesudah digunakan, kendaraan tersebut harus didisinfektan.

Banyak pihak menilai, risiko penularan Virus Covid-19 dalam destinasi indoor lebih tinggi meskipun sudah menyediakan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Mau Liburan Super Nyaman? Sewa Pulau Privat Aja! 

4. Waspada Bencana

Saat libur Long weekend, kalian juga mesti waspada akan curah hujan yang belakangan ini meningkat agar tidak terdampak bencana hidrologi saat berwisata seperti banjir, tanah longsor, gelombang pasang dan abrasi menjelang puncak musim hujan, mulai November 2020 hingga Maret 2021.

Masyarakat terus memantau peringatan dini dari BMKG untuk kepentingan mitigasi bencana, mengingat hujan masih berpotensi terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

5. Patuhi Protokol Kesehatan dan Regulasi di Destinasi wisata

Ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu status zonasi destinasi wisata yang hendak dikunjungi. Pilih destinasi wisata dengan zona hijau untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Selain itu, cari tahu juga informasi tentang pembatasan jumlah pengunjung, operasional, tata cara pembelian tiket, dan sebagainya.

BACA JUGA: Filantropis Muda Bakal Picu Tren Liburan Voluntourism

6. Hindari berkerumun Ketahui Status Zonasi

Kamu perlu juga perlu mengetahui status zonasi lokasi wisata yang bakal dituju, dan sebaiknya diketahui lebih awal, apakah statusnya zona hijau, kuning, oranye, atau merah.

Hal itu bisa diketahui dengan mengunjungi laman resmi Covid-19 atau menanyakan langsung ke kantor pemerintahan setempat.

Selain itu sebaiknya kamu memilih daerah wisata yang tak terlalu padat karena menghindari potensi penyebaran virus corona lewat kerumunan.

7. Cek Kesehatan Usai Liburan

Selesai liburan disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan seperti rapid test, serologi, rapid test antigen atau test PCR untuk memastikan tidak tertular Covid-19 saat liburan.

Selamat Menikmati long weekend  dan stay safe yah gaes. (Sbg/Rig)

Comments