menyantap kuliner serba manis
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Camilan ataupun kuliner serba manis memang asyik untuk menjadi teman saat kamu sedang bekerja dari rumah. Kue-kue, roti manis hingga hidangan sirup pastinya nikmat untuk kita konsumsi sambil menyelesaikan pekerjaan.

Mungkin kita berpikiran kalau kuliner serba manis bukan masalah demi kenyamanan saat kita bekerja dari rumah.

Namun, ternyata kebiasaan mengonsumsi kuliner serba manis terlalu banyak justru sangat berbahaya di tengah pandemi Virus COVID-19 saat ini.

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya

Dampak Buruk Kuliner Manis

Sejumlah penelitian mengungkap kesimpulan bahwa zat gula dalam kuliner serba maniss bisa mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh terlebi di tenga pandemi COVID-19.

Menurut seorang ahli penyakit dalam dan gastroenterologi, Niket Sonpal, di saat gula dalam buah-buahan atau sumber alami lainnya dapat memberi sedikit energi pada tubuh, gula olahan dalam kuliner serba manis cenderung mempunyai efek tidak menyenangkan pada tubuh secara keseluruhan.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi 75-100 gram larutan gula dapat menghambat fungsi kekebalan tubuh,”

“Saya harus mencatat 75 gram terdengar sangat banyak, dan sulit berpikir kita mungkin mengonsumsi 75 gram gula, tetapi sebenarnya itu setara dua kaleng soda.” Jelasnya.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Boba 

Sonpal menambahkan “Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat memengaruhi sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh yang menargetkan bakteri. Gula memengaruhi cara sel darah putih kita menyerang bakteri,” jelasnya.

Pandangan lain juga datang dari Nate Favini, pemimpin medis di Forward. Menurutnya, adalah menyesatkan untuk mengatakan kita sudah tahu semua hubungan antara gula dan sistem kekebalan tubuh.

“Apa yang kita ketahui adalah diabetes tampak umum pada orang yang dikonfirmasi memiliki COVID-19 . Ini menunjukkan, kadar gula yang lebih tinggi dalam darah dapat membuat kita lebih mudah terkena COVID-19 ” paparnya.

BACA JUGA: Hadapi Corona dengan Kuliner Mantul untuk Imunitas Tubuh

Yuk, Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

ketimbang Mengonsumsi kuliner serba manis, Sonpal menyarankan cara lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan makanan sehat seperti buah dan sayuran.

“Jeruk bali, jeruk, dan jeruk keprok sangat baik bersama sayuran brokoli, bawang putih dan bayam,” ujar Sonpal.

Nah, Marion Nestle, profesor studi nutrisi dan makanan di NYU menyarankan kita , makan diet kaya sayuran adalah kunci utama bersama faktor gaya hidup lainnya.

“Jangan minum banyak alkohol, jangan merokok, tidur banyak, dan, jaga jarak sosial kita,” kata dia.

Mengonsumsi makanan yang sehat membantu kita merasa lebih baik secara fisik dan mental

Menjauhi kuliner serba manis di masa Pandemi COVID-19 tak hanya membuat kita semakin baik dalam memelihara tubuh kita dari waktu ke waktu, namun, juga membuat kita semaKin siap untuk melindungi diri terhadap penyakit. (Sbg/Rig)

Comments