Pria Merapikan Lemari Pakaian
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah di masa stay at home adalah merapikan lemari pakaian yang kerap kali tak sempat kita lakukan di hari biasa.

Merapikan lemari pakaian sangat penting untuk menghemat waktu dalam mencari pakaian yang ingin dipakai, apalagi jika kamu memiliki pakaian yang berlebih.

Kamu dapat merapikan lemari pakaian dengan menggunakan metode ala Marie Kondo. yang terkenal karena gaya hidup bersih. Dia mempopulerkan metode merapikan rumah lewat The Life Changing Magic of Tidying Up.

Nah, berikut cara merapikan lemari pakaian yang bisa kamu lakukan:

BACA JUGA: Menumpuk Barang Tak Berguna, Bikin Kamu Sakit Jiwa 

1. Menumpukkan Pakaian

Tahap pertama adalah mengeluarkan semua pakaian dari dalam lemari. Biarkan pakaian itu menumpuk.

Dengan cara  menumpukkan pakaian bakal membuat orang menyadari bahwa mereka memiliki banyak pakaian. Sebagian sebenarnya tak lagi diperlukan.

2. Membagi Pakaian

Kamu jangan terjebak nostalgia atau kenangan yang muncul ketika sedang melihat pakaian lama di lemari pakaian.

Kamu bisa pegang pakaian lama   dan tanya jujur pada dirimu, masih perlukah benda ini saya simpan? Apakah saya akan kekurangan atau menjadi lebih tidak bahagia tanpanya?

Untuk itu, bagilah pakaian dalam empat kelompok yakni yang masih digunakan, untuk diubah, untuk donasi, dan untuk dijual.

BACA JUGA: Jarang Bersihkan Rumah? Bisa Jadi Kamu Alami Gangguan Jiwa 

Pilihlah pakaian masih dipakai yang dapat memberi kebahagiaan, kenyamanan, dan kepercayaan diri. Pakaian yang masih digunakan berarti bakal tetap berada di lemari.

Sementara pakaian yang bisa dipermak dapat dibawa ke tukang jahit atau gunakan kreativitasmu untuk membuatnya lebih menarik.

Jika kamu berniat untuk mendonasikan pakaian lama, pilihlah yang masih layak pakai. Jangan sampai kamu memberikan kepada orang lain baju yang sudah robek atau warnanya sudah luntur sana-sini ya!

BACA JUGA: Kamar Remang-remang Baik untuk Kesehatan dan Kehidupan Seksual 

3 Mengelompokkan Pakaian

Selanjutnya kelompokkan pakaian berdasarkan jenisnya, misalnya baju kerja, baju jalan, atasan, celana panjang, jaket, dan sebagainya.

Sebaiknya kamu  kelompokkan pakaian berdasarkan warna agar lebih mudah dicari.

Saat menggantung pakaian misalnya, mulailah dari warna gelap di sebelah kiri hingga warna terang di sebelah kanan. Ini akan membantu memudahkan mata. Aturlah sesuai pengelompokkan gaya, warna, atau kegunaan.

Dengan begitu, kamu akan mudah mengambil pakaian dan tidak membuat pakaian yang sudah dilipat di lemari menjadi berantakan. (Sbg/Rig)

Comments