Sulit Tidur Nyenyak
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Berubahnya rutinitas manusia di masa pandemi corona rupanya bisa memengaruhi siklus tidur. Kini, tak sedikit orang yang jadi kesulitan untuk tidur.nyenyak

Tidur nyenyak sendiri merupakan aktivitas penting untuk menjaga imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan saat masa pandemi Corona ini..

Menurut pakar kesehatan tidur, Colin A Espie dari Universitas Oxford Inggris, meski pun hanya di rumah saja, memiliki rutinitas yang terjadwal setiap hari akan membantu ritme tubuh.

Tidur di luar jam normal kita sangat tidak disarankan karena akan membuat irama sirkadian kacau.

“Karena kita kini hidup hanya di satu tempat, jadi batas antara waktu tidur dan terjaga sudah tercampur. Ini mengganggu ritme sirkadian, akibatnya adalah merasa kelelahan di siang hari dan pusing saat bangun tidur,” katanya.

Nah, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan agar bisa tidur nyenyak 

BACA JUGA: Badan Tetap Segar dan Fokus Walaupun Kondisi Kurang Tidur

1. Kamar Berantakan

Kamar tidur yang berantakan bisa bikin susah tidur nyenyak dan  bisa menyebabkan mood jelek hingga berdampak negatif pada kerja otak.

Maka itu, pastikan kamar tidur selalu rapi dan tidak banyak barang berserakan.

2. Warna dinding atau nuansa kamar terlalu mencolok

Sebaiknya hindari warna dinding atau nuansa kamar yang terlalu mencolok dan pilih warna-warna yang lebih sejuk dan menenangkan.

BACA JUGA: Kebiasaan Membaca Buku Bikin Tidur Jadi Nyenyak

3. Kualitas kasur kurang baik

Tanpa disadari, kasur dengan kualitas kurang baik bisa membuat seseorang susah tidur. penggunaan kasur yang kurang baik akan membuat posisi tidur menjadi tidak nyaman.

5. Suhu kamar tidak ideal

Sebaiknya kamu  tidur dalam suhu ruangan yang sejuk. Kamar tidur yang sejuk akan membantu produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu tidur pulas.

Penelitian mengungkapkan bahwa suhu kamar terbaik untuk tidur adalah 18-22 derajat Celcius.

Intinya, jangan sampai kedinginan atau kepanasan. Jangan memosisikan tempat tidur persis di depan pendingin ruangan atau kipas angin karena jadi tidak nyaman.

BACA JUGA: PSBB Resmi Berlaku di Jakarta, Tidur Siang Yuk

6. Kamar tidur tidak mampu meredam suara bising

Apakah kamar tidurmu berada di area yang bising? Jika ya, siasati dengan cara memasang lapisan gabus atau busa peredam suara khusus di dinding.

Dengan begitu akan tercipta lingkungan yang mendorong kamu untuk tidur dengan tenang dan nyaman.

Comments