Begitu banyak Start Up buatan lokal yang kini mendapat pengakuan dari Internasional. (Foto PIxabay)
Begitu banyak Start Up buatan lokal yang kini mendapat pengakuan dari Internasional. (Foto PIxabay)

Sabigaju.com – Hampir setiap minggu, ada ratusan aplikasi baru yang muncul di Play Store dengan beragam fitur menarik dan mendukung aktivitas penggunanya sehari-hari.

Yup, Startup adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut perusahaan berbasis online dan teknologi. Biasanya, startup merupakan perusahaan yang baru dirintis,sedang berkembang, dan belum terlalu lama berdiri. Fenomena startup sendiri muncul di awal abad 21 saat internet mulai dikenal masyarakat dan banyak perusahaan berbasis digital mulai bermunculan.

Sejak tahun 2000-an, di Indonesia saja ada ribuan startup didirikan oleh anak muda bangsa yang kreatif dan berpikiran visioner. Dari ribuan startup tersebut ada beberapa perusahaan yang bisa dikategorikan sukses dan mendunia. Kerennya, para pendiri perusahaan tersebut adalah anak-anak muda yang mungkin bagi sebagian orang dianggap tidak mampu dan dipandang sebelah mata.

1. Traveloka

Aplikasi Traveloka

Traveloka merupakan aplikasi buatan Indonesia untuk memesan tiket pesawat dan hotel. Aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan harga penerbangan dan hotel dengan harga termurah, tanpa adanya biaya pemesanan maupun biaya tersembunyi.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengombinasikan maskapai penerbangan untuk mendapat harga termurah. Aplikasi Traveloka bukan hanya mudah digunakan, tetapi juga memiliki tampilan pengguna yang baik dan nyaman digunakan.

Dengan kualitas yang baik, tak heran apabila Traveloka telah mendapat sejumlah penghargaan, seperti misalnya sebagai juara pertama penghargaan brand terbaik untuk pemesanan tiket penerbangan dan hotel pada tahun 2015 dan 2016.

2. Go-jek

Aplikasi start up lainnya yang tak kalah keren adalah Gojek

Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Dikembangkan oleh developer PT Go-jek Indonesia, aplikasi ini merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai layanan online. Meski kompetitor terus bermunculan seperti GrabBike, Ojek Syar’i, LadyJek, BlueJek dan masih banyak lagi merek lainnya, Go-Jek masih mendominasi pasar.

Penambahan fitur seperti Go-Clean, Go-Busway, Go-Glam, Go-Mart, Go-Box, Go-Courier dan Go-Ride menjadi bukti bahwa Go-Jek terus berkembang.

Aplikasi yang memiliki ukuran download sebesar 31.02 MB ini, memiliki tampilan pengguna yang baik dan mudah untuk digunakan. Jadi tidak heran bila Go-Jek menjadi aplikasi buatan Indonesia terpopuler dan terbaik yang wajib Anda download.

3. iGrow

Aplikasi iGrow

iGrow adalah sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi di bidang pertanian dan memantaunya secara online. Mereka menghubungkan tiga pihak penting dalam industri pertanian: investor, petani, serta pembeli produk pertanian.

Dengan iGrow, seseorang bisa menjadi petani meskipun tidak memiliki tanah atau bahkan pengetahuan bercocok tanam.

Sekitar Juni 2016 lalu, iGrow telah mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dengan jumlah yang tidak disebutkan dari East Ventures dan 500 Startups. Mereka juga merupakan peserta program akselerator Google Launchpad gelombang ketiga, serta menjadi pemenang Startup World Cup 2018 Regional Finale Indonesia.

4. Pergikuliner

Aplikasi Pergikuliner
Aplikasi Pergikuliner

Pergikuliner adalah aplikasi yang berisi informasi lokasi, menu, jam buka, fasilitas, serta rentang harga di sebuah restoran tertentu. Aplikasi ini telah diluncurkan sejak tahun 2014 dan hingga kini masih terus mendapatkan pembaharuan konten dan ulasan dari para penggunanya.

Berbeda dengan direktori lainnya, Pergikuliner terkesan lebih mengutamakan foto makanan, bukan ulasan berupa tulisan, sehingga pengguna bisa menilai apakah restoran tersebut cocok atau tidak.

Saat ini Pergikuliner baru menyasar informasi tempat makan yang terletak di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

5. Tokopedia

Aplikasi Tokopedia

Starup kerern lainnya adalah Tokopedia. Startup teknologi yang mengusung model bisnis marketplace atau mall online. Tokopedia memungkinkan tiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan hingga akhir 2016, layanan Tokopedia bisa digunakan semua orang secara gratis. (Sbg/Rig)

Comments