Beranda Lifestyle KULINER Stamina Puasa Menurun Gara-gara Sakit Mag? Mungkin Ini Sebabnya!

Stamina Puasa Menurun Gara-gara Sakit Mag? Mungkin Ini Sebabnya!

3 menit baca
0
0
16

Sabigaju.com – Makan yang tidak teratur dan menu yang asal-alasan adalah musuh utama bagi para penderita mag, apalagi kalau mag-nya sudah kronis. Sampai puasa minggu kedua sakit mag-mu belum kambuh saja sudah bagus sekali.

Pola makan dan metabolisme tubuh pasti berubah selama puasa. Itu tak bisa dihindari, tapi kamu bisa kok menjaga lambung dan stamina tubuhmu dengan memilih menu makanan yang bersahabat.

BACA JUGA: Enggak Bikin Haus, Ini Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

Kamu yang sakit mag harus sadar diri untuk patuh pada ‘menu sehat’ agar staminamu terjaga. Kalau dari menu saja tidak kamu patuhi, jangan heran kalau sekarang ini staminamu mulai menurun ya!

Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Puasa Agar Menjaga Stamina

(Foto: Unsplash)

1. Sayur

Makanlah sayur saat sahur. Sayur memiliki banyak serat yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah, mengurangi kolesterol, dan yang paling dibutuhkan saat puasa adalah; membuat kamu merasa kenyang lebih lama!

Kurang makan sayur akan buat kamu merasa cepat lamar dan lelah. So, perbanyak makan sayur ya! Sayur yang cocok dikonsumsi saat puasa adalah brokoli, wortel, dan ayam.

2. Lemak Sehat

Barengi sayuranmu dengan lemak sehat yang bisa didapat dari ikan laut, kacang-kacangan, atau alpukat. Lemak sehat ini juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, lemak sehat juga berfungsi menyerap vitamin di dalam tubuhmu. Ini penting untuk menjaga stamina.

3. Buah

Makanlah buah sebelum makan besar untuk memperlancar pencernaanmu dalam menyerap makanan. Buah yang baik dikonsumsi selama puasa antara lain semangka, pir, pisang, pepaya, mangga, blewah, apel dan anggur. Tak hanya baik untuk tubuh, buah-buahan ini juga ampuh menjaga kelembapan kulitmu yang kurang cairan selama puasa.

BACA JUGA: Tak Hanya Puasa, Berbuka Juga Wajib Menahan Diri. Kenapa?

4. Air putih

Manfaatkan waktu berbuka sampai sahur untuk banyak minum air putih. Kekurangan air akan membuat tubuhmu lemas. Tetap minum air putih minimal delapan gelas perhari, ya!

5. Susu

Daripada minum kopi atau teh, lebih baik kamu minum susu tiap menjelang tidur atau saat sahur. Sama seperti lemak sehat, kandungan dalam susu membuat kamu kenyang lebih lama. Susu juga melengkapi asupan nutrisi yang kamu makan saat berbuka maupun sahur, sehingga staminamu akan lebih terjaga. (sbg/Fitri)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak Nico
Tampilkan Lebih Banyak Dalam KULINER
Komentar ditutup

Lihat juga

Ketupat Menjadi Makanan Khas Saat Lebaran, Begini Asal-Usulnya

Sabigaju.com – Ketupat menjadi makanan khas saat Lebaran yang paling familiar di Ind…