Sabigaju.com – Ada yang suka dengan wewangian wood, tak sedikit yang suka dengan aroma ala gourmand, atau mungkin kamu termasuk pecinta wewangian marine? Setiap orang memiliki selera masing-masing tentang aroma parfum favoritnya. Dan, tahukah Sobat Sabi kalau aroma parfummu memiliki makna tersendiri yang mampu menggambarkan seperti apa dirimu?

James Craven, Fragrance Archivist di Les Senteurs mengungkapkan bahwa indera penciuman membawa kita langsung ke bagian otak yang berhubungan dengan emosi kita dan kamu bisa berkata kalau pemilihan aroma parfummu tersebut membuat kita seperti ditelanjangi secara emosi. Pemilihan parfum pun ada kaitannya dengan sisi emosional kita.

Tanpa kamu sadari, aroma parfummu yang dipilih pun dipengaruhi oleh berbagai hal. Sarah McCartney, pembuat parfums sekaligus founder dari 4160 Tuesday mengatakan bahwa seorang pria akan milih wewangian yang merupakan cerminan dari pengalaman hidup serta kepribadiannya. Dia menambahkan bahwa jarang sekali ada seorang pria yang memiliki parfum dengan aroma ocean kalau dia tidak suka berenang di laut. Dengan kata lain, aroma parfum yang dipilih seringkali adalah wewangian yang akrab dengan kehidupan kita.

Baca juga: Tips Buat Kamu Para Cowok Supaya Nge-gym Jadi Enggak Sia-Sia!

Namun, Craven berpendapat lain dengan McCartney. Dia mengungkapkan bahwa ada kemungkinan seorang pria memilih wewangian yang memang berbeda dari dirinya sebagai upaya untuk tampil lebih sempurna. Maksudnya, bisa jadi dia memilih aroma ocean padahal tak suka berenang di lautan hanya untuk menutupi ketidaksukaannya tersebut.

Lalu, bagaimana sebenarnya aroma parfum itu menggambarkan kepribadianmu? Simak selengkapnya yuk!

Citrus

Wewangian yang berbasis citrus memang menjadi pilihan banyak pria. Sebut saja Clinique Happy For Men, Tom Ford’s Neroli Portofino, Bergamote Soleil dan Eau Sauvage di Atelier Cologne yang ikonik adalah andalan bagi banyak pria. Wangi tersebut mampu membangkitkan kesegaran, aroma yang tajam, dan energik.

McCartney mengatakan bahwa sejauh pengalamannya, orang yang memilih wewangian citrus umumnya adalah mereka yang suka berolahraga. Pecinta lari, pesepeda, dan banyak lainnya memilih aroma citrus karena wewangian ini memberi efek yang seimbang antara menyegarkan dan menenangkan. Di samping itu, hasil studi dari Northumbria University juga menemukan bahwa aroma lemon bisa meningkatkan mood dan performa kognitif.

Gourmand

Wewangian yang termasuk kategori ini tidak lain adalah cokelat, vanilla, kayu manis, dan kopi. Tak dipungkiri wewangian ini cukup naik daun beberapa tahun belakangan. Craven mengungkapkan kalau pria yang suka dengan wewangian ini cenderung sensual, hedonistik, dan tipe petualang seksual dengan pikiran ingin tahu yang besar. Dari beragam wewangian gourmand, vanilla memang banyak disukai. Selama ini aroma wangi vanilla dikenal sebagai afrodisiak psikogenik. Sobat Sabi termasuk pecinta wewangian jenis ini?

Wood

Aroma wood ternyata memiliki makna tersendiri bagi pria. Aroma wangi kayu ini mewakili image maskulinitas yang solid. Tidak heran bila aroma kayu seperti Gucci Pour Homme, Terre d’Hermès, dan Davidoff Horizon sangat populer di kalangan pria: mereka terlihat mewakili jenis maskulinitas yang solid, andal, dan mudah digunakan. Craven juga menuturkan kalau wewangian wood ini banyak dicari oleh pria. Mungkin karena kesan maskulin saat parfum ini dipakai ya?

Marine

Aroma parfum marine mengingatkan kita pada segarnya air bersih atau lautan. Wewangian ini umumnya identik dengan kesan minimalis dan orang yang menghargai kesederhanaan, namun tetap elegan. Hingga saat ini, wewangian dengan aroma marine juga masih menjadi pilihan banyak orang. Terutama bagi mereka yang benar-benar suka dengan kesan minimalis dan aroma fresh.

Keempat jenis wewangian tersebut hanya sebagian dari sekian banyak jenis wewangian yang dijual di pasaran. Sobat Sabi coba cek aroma wangi parfummu, kira-kira parfum andalanmu menggambarkan sosok dirimu yang seperti apa sih? (Sbg/Erny)

Sumber foto: Unsplash
Comments