Kamu hobi terbang atau berlibur dengan pesawat? Berikut beberapa fakta tentang  penerbangan yang jarang orang tahu.

  1. Makanan untuk pilot dan co-pilot diatur berbeda untuk menghindari keracunan makanan. Seperti yang kita tahu, dua personil penting yang berperan dalam menerbangkan pesawat ini saling bekerja sama. Masing-masing pilot dan co-pilot harus saling membantu jika salah satunya tidak mampu menerbangkan pesawat. Dengan memakan menu yang berbeda, kedua awak ini bisa saling menggantikan jika yang satunya lagi kecarunan makanan.
  2. Toilet di dalam pesawat tidak pernah benar-benar terkunci walau ada penumpang di dalamnya. Untuk alasan keamanan, awak kabin selalu punya akses untuk mengunci dan membuka toilet yang ada di dalam kabin pesawat. Begitu keadaan darurat terjadi dan penumpang di dalam toilet butuh bantuan, awak kabin tidak perlu mendobrak pintunya seperti film drama. Mereka tinggal membuka kunci khusus yang bisa diakses dengan mudah untuk memberi bantuan.
  3. Setiap toilet pesawat menyediakan asbak untuk punting dan abu rokok. Di balik larangan merokok selama penerbangan bukan berarti pesawat kehilangan fitur ini. Meskipun merokok di dalam toilet dilarang, adanya asbak dalam toilet adalah kewajiban dan kelengkapan pesawat. Asbak ini diperuntukkan bagi para penumpang yang ‘bandel’ dan merokok di pesawat. Daripada penumpang ‘bandel’ ini membuang puntung mereka sembarangan, maka disediakanlah asbak ini.
  4. Tanda segitiga di dinding pesawat adalah hal vital yang dibutuhkan pilot dan awak kabin untuk keamanan. Walau ukurannya kecil, tanda ini diperlukan sebagai penanda lokasi sayap pesawat dapat jelas terlihat. Dengan memonitor sayap dari gambar ini, awak kabin dan pilot bisa memastikan tidak ada salju yang menutupi sayap saat udara dingin. Jarang terlihat ya? Memang ukurannya kecil, dan dijamin setelah baca artikel ini kamu jadi penasaran mencari gambar segitiga hitam kecil ini.
  5. Pada saat terbang, pintu pesawat tidak akan bisa dibuka oleh orang terkuat sekalipun. Bukan karena kuncinya yang canggih atau ukurannya yang berat. Namun karena tekanan udara di luar kabin saat terbang lebih besar dari di dalam pesawat. Hal ini lah yang membuat pintu tidak akan terbuka dalam keadaan apapun saat pesawat terbang dengan stabil. Kalau penasaran dan mau coba buka, silahkan saj Hati-hati dimarahi pramugari ya.

Lima fakta tentang penerbangan di atas bisa kamu verifikasi dengan bertanya pada awak kabin. Kalau tetap penasaran, boleh dicoba cari tahu sendiri juga, kok. Tapi awas ya poin nomer 3 bisa mengakibatkan denda yang besar kalau sampai kamu lakukan. (sbg/Novel)

Comments