Bulan Oktober 2019
(Grafis :Sigit Sulistyo/Sabigaju.com)

Sabigaju.com – Sejumlah peristiwa di Tanah air menjadi atensi publik dan netizen di berbagai lini media sosial pada Minggu Pertama Bulan Oktober 2019.

Mulai dari viralnya lagu apa yang merasukimu hingga hebohnya netizen menanggapai video aksi cuek Megawati Soekarnoputri yang cuek terhadap politisi Surya Paloh.

Berikut selengkapnya sejumlah peristiwa yang menjadi atensi publik dan netizen di minggu pertama Bulan Oktober 2019.

BACA JUGA: Kesederhanaan Gitaris Alip_Ba_Ta Bikin Geger Dunia Maya

Fenomena Lagu Entah Apa yang Merasukimu

Hingga memasuki minggu pertama Bulan Oktober 2019, jagad maya seakan terhipnotis oleh lagu remix berlirik ”entah apa yang merasukimu”.

Selain dijadikan materi unggahag bernada jenaka di berbagai media sosial , penggalan lagu itu juga bisa menjadi media kritik. Sejumlah mahasiswa menulis besar-besar lirik lagu itu saat berdemo di Gedung DPR beberapa waktu lalu.

Belakangan lagu tersebut diketahui berjudul asli”Salah Apa Aku” yang dinyanyikan oleh Ilir 7, sebuah grup musik asal Lubuk Linggau, Sumatra Selatan yang diunggah ke Youtube pada 21 Juni 2018 oleh label Ascada Musik.

Hingga artikel ini diturunkan , video musik ”Salah Apa Aku” telah ditonton lebih dari 44 juta kali di Youtube dan didengarkan lebih dari 1 juta orang di platform musik digital Spotify.

BACA JUGA: Foto Pocong Antara Mistis, Phasmophobia Hingga Pareidolia

Awan Lenticular

Peristiwa lain yang menjadi perhatian publik dan netizen adalah Saat awan Lenticular terlihat di atas puncak Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. Begitu banyak netizen yang mengunggah foto di Twitter maupun Instagram saat momen tersebut berlangsung.

Awan Lenticular adalah awan yang biasanya berbentuk piring raksasa yang biasa ditemukan di dekat bukit atau pegunungan.

Awan ini terbentuk dari hasil pergerakan angin yang menabrak dinding penghalang besar seperti pegunungan yang akhirnya menimbulkan sebuah pusaran.

Bulan Oktober 2019
(Foto:Instagram/johanjacob_oki)

Awan tersebut terlihat begitu padat padahal tidak demikian, terlihat padat karena aliran udara lembab terus megaliri disekitar awan dan akan keluar lewat permukaan paling bawah sehingga awan ini bisa bertahan sampai berhari – hari.

Meskipun awan ini adalah fenomena alam yang indah, awan ini sangat dihindari dan ditakuti oleh para pilot pesawat.

Karena awan ini dapat menyebabkan turbulensi bagi pesawat yang nekat memasuki awan atau hanya terbang di dekat awan Lenticular.

BACA JUGA: Film Joker: Gangguan Mental dan Kriminalitas 

Heboh Film Joker

Nah hal lain yang menjadi perbincangan publik dan netizen di minggu pertama bulan Oktober 2019 adalah soal Film Joker.

Film ini memang tampaknya terbilang sukses karena dipantau melalui halaman aplikasi pemesanan tiket TIX ID, rata-rata 50 persen penonton bioskop memesan lebih awal demi menonton film ini untuk penayangan pada Rabu (2/10) lalu.

Sosok Joker alias Arthur Fleck digambarkan memiliki sebuah penyakit yang menyebabkan ia tidak bisa mengontrol tawanya. Penyakit ini didasari oleh sebuah kelainan syaraf yang benar-benar ada secara medis.

Bulan Oktober 2019
(Foto: IMDB)

Penyakit ini dinamai pathological laughter, kelainan neurological yang biasanya diidap oleh orang dengan parkinson, stroke atau luka otak traumatik.

Sosok yang awalnya terkesan bahagia membuat orang lain tertawa ini perlahan berubah menjadi orang yang mampu menyakiti orang lain tanpa ampun.

Sebab itu, banyak imbauan dan peringatan dilontarkan netizen di media sosial agar orangtua tidak membawa anak-anak nonton film Joker.

Nah, meski mendapat rating 9.4/10 di situs IMDb, Joker harus ikhlas mendapat rating 74% dari situs review film Rotten Tomatoes.

BACA JUGA: Gila! Baru Juga Rilis, Cheat Call Of Duty Mulai Berserakan

Heboh Game Call of Duty: Mobile

Para Pecinta game menyambut gembira dirilisnya Call of Duty: Mobile pada tanggal 1 Oktober 2019 lalu. Sayangnya ada indikasi ada indikasi tersebarnya cheat bahkan dalam selang waktu hanya satu hari setelah rilis, Call of Duty

Menurut laporan Dotesport game Mobile ini tercatat telah dimainkan lebih dari 38 juta match pada hari Rabu 2 Oktober dan terus bertambah hingga saat ini.

Dan gilanya, game Call of Duty: Mobile tersebut dilaporkan berhasil meraup keuntungan sekitar 2 juta dollar AS (Rp 28,3 miliar) pasca satu hari game tersebut diluncurkan. Hal ini diungkap oleh firma periset pasar SensorTower (@SensorTower) melalui jejaring sosial Twitter.

Angka pendapatan ini disebut bermuara dari aktivitas para pemain CoD Mobile yang antusias melakukan in-app purchase atau pembelian item di dalam game.

BACA JUGA: Debat Politik di Medsos Itu Buang-buang Waktu

Viral Video Megawati Cuekin Surya Paloh

Dua tokoh politik tanah air yakni Megawati Soekarnoputri dan Surya Paloh menjadi perbincangan publik di minggu pertama bulan Oktober 2019 setelah sebuah video yang menangkap keduanya tak bersapaan pada saat pelantikan anggota DPR/MPR/DPD, Selasa (1/10) lalu

Bulan Oktober 2019
Capture Twitter

Dalam video yang viral di media sosial, Megawati terlihat tidak menyalami Surya Paloh saat sedang berjalan di wilayah VIP di dalam Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen.

Orang-orang yang dilewati Megawati berdiri dan menyalami presiden ke-5 RI itu. Momen tersebut tertangkap dari video yang beredar luas dari siaran langsung Kompas TV. Tangkapan layar ini viral di media sosial. Dalam video itu pula Megawati juga melewati Agus Harimurti Yudhoyono yang sudah mengulurkan tangan. (Sbg/Rig)

Comments