Social Media Distancing
(Foto: hopeondemand.com)

Sabigaju.com – Di tengah pandemi Corona, masyarakat menerapkan anjuran physical distancing atau jaga jarak fisik secara sosial termasuk dengan bekerja Tapi, enggak cuma jaga jarak secara fisik lho, social media distancing juga penting.

Lewat social media distancing kita bisa bijaksana memilih dan memilah informasi sehingga tidak panik dan tetap optimistis.

Dengan mengakses media sosial secukupnya bukan menjauhinya sama sekali, tapi beri jarak untuk tidak terus-terusan update berita.

Ini penting agar berbagai narasi menakutkan yang kerap dibagikan di media sosial tidak cepat masuk ke dalam alam bawah sadar yang akan langsung memengaruhi mental dan kondisi psikologis kita.

BACA JUGA: Rahasia untuk Bahagia

Fokus pada berita positif dan suportif

Jika kamu merupakan followers dari sejumlah selebgram atau akun-akun yang lebih sering membuatmu bahagia, tertawa, dan terinspirasi, lebih baik fokuskan perhatian pada postingan mereka.

Selain bisa membuatmu lebih tenang dalam menghadapi hari, dengan menerapkan social media distancing kamu pun tak perlu memupuk stress untuk tumbuh subur dalam hati.

Rasa bahagia dan selalu berpikir positif menjadi al yang bisa meningkatkan imunitas tubu dalam  menangkal dan mencegah terpapar virus Corona. Tentu, dibarengi dengan mengonsumi makanan dengan gizi seimbang, berolahraga, dan menjaga kebersihan.

BACA JUGA: Begini Seharusnya Seorang Cowok Gentleman Bermedia Sosial

Hasil penelitian menyatakan bahwa individu yang merasa bahagia akan lebih terhindar dari virus atau bakteri penyebab penyakit.

Hal ini dikarenakan perasaan bahagia membantu mempercepat proses penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh yang akan memperkuat sistem imun kita.

Yang terjadi pada tubuh adalah, ketika individu merasa bahagia, ada pelepasan hormon seperti oxytocin, dopamin, dan serotonin.

Ketiga hormon ini seringkali disebut sebagai hormon bahagia. Hormon-hormon ini diproduksi oleh hypothalamus. Oxytocin memberikan efek adanya rasa relaks. Oxytocin juga memberi pengaruh pada sistem imun di tubuh manusia.

BACA JUGA: Lima Langkah Simpel Biar Kamu Tidak Kecanduan Media Sosial

Membatasi Penggunaan Medsos

Untuk bisa memunculkan rasa bahagia itu, setiap manusia juga harus mampu berpikir positif, lantaran dengan berpikir positif, akan memunculkan energi positif.

Hidup yang bahagia membuat kamu selalu punya energi dan motivasi untuk melakukan apapun. Rasa optimis ini juga berpengaruh pada aliran darah yang bergerak lebih cepat ke seluruh organ tubuh

Kita perlu menciptakan kebahagiaan agar menjadi lebih sehat, lebih segar, dan imunitas tubuh lebih kuat khususnya di masa pandemi COVID-19 saat ini

Yuk terapkan social media distancing. So, stay healthy and happy, ya gaes! (Sbg/Rig)

Comments