Ilustrasi Smiling Depression
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Saat seseorang tengah mengalami kondisi depresi biasanya akan terlihat murung, sedih seta tidak memiliki ketidaktertarikan pada hal-hal yang biasa disukainya.

Dia bahkan bisa mengalami perubahan sikap yang tiba-tiba, serta nafsu makan yang meningkat ataupun sebaliknya, menurun!) dengan drastis. Yup, kondisi depresi bisa membuatmu berada di masa titik terendah dalam hidupmu.

Namun demikian ada juga orang yang sedang berada dalam kondisi depresi tetap tersenyum seolah semuanya terlihat baik-baik saja. Kondisi seperti ini lah yang disebut dengan smiling depression.

BACA JUGA: Kelamaan Duduk Bikin Kamu Beresiko Depresi 

Penyebab dan Tanda Smiling Depression

Smiling depression merupakan sebuah kondisi depresi yang dialami seseorang namun dia menampilkan perasaan dan wajah selalu bahagia seolah hidupnya sedang baik-baik saja.

Penyebab dari smiling depression ini beragam; bisa jadi karena hubungan dengan pasangan yang gagal, hubungan dengan keluarga yang berantakan, tantangan pekerjaan, dan tujuan hidup yang tak kunjung tercapai.

Hal ini tentunya membahayakan karena ketika kita melihat seseorang yang hidupnya sedang bahagia dan baik-baik saja, tetapi tiba-tiba saja orang tersebut memutuskan untuk bunuh diri dan melakukan hal merugikan lainnya karena depresi yang disembunyikannya.

Gejala umum lain dari smiling depression adalah perasaan cemas, takut, lelah, mudah marah, dan putus asa.

BACA JUGA: Makin Banyak yang Depresi, Dengerin Musik Metal Buat Mengatasinya 

Bahaya Smiling Depression

Smiling depression memang belum digolongkan sebagai salah satu gangguan mental, tetapi kondisi ini dapat disebut sebagai gangguan depresi mayor dengan fitur atipikal.

Lantas apa sih bahayanya mengalami kondisi depresi ini ? Tentu ada, dan perlu diwaspadai.

Pengidap jenis depresi ini biasanya memiliki cukup banyak energi untuk tetap aktif di luar justru memiliki resiko bunuh diri yang lebih tinggi.

Ya, orang dengan depresi berat kadang merasa ingin bunuh diri, tetapi banyak yang tidak punya energi untuk bertindak berdasarkan pemikiran ini.

BACA JUGA: Depresi Pasca PHK Massal, Coba Atasi dengan Cara ini

Namun, seseorang dengan kondisi depresi ini mungkin memiliki energi dan motivasi untuk menindaklanjutinya.

Kondisi Depresi ini  dapat diatasi dengan pengobatan dokter, psikoterapi, perubahan gaya hidup, maupun kombinasi dari semua hal tersebut.

Namun, langkah paling penting untuk mengobati gejala depresi ini adalah membuka diri kepada seseorang yang kamu percaya. Cobalah untuk menceritakan masalah dan kondisi yang  kamu alami kepada orang tersebut. (Sbg/Rig)

Comments