Buka Bersama
Beberapa tahun belakangan ini momen buka bersama malah diwarnai dengan situasi sibuknya setiap individu dengan gadget masing-masing.(Sumber Foto: thehealthsite.com)

Sabigaju.com – Memasuki minggu kedua Bulan Ramadhan biasanya ada begitu banyak tawaran ataupun ajakan untuk buka bersama yang datang dari rekan mapun handai taulan.

Tentunya hal ini merupakan kesempatan untuk menjalin kembali silaturahmi dan merekatkan kembali hubungan yang telah merenggang dengan saudara jauh ataupun kawan lama

Sayangnya, momen buka bersama beberapa tahun belakangan ini malah diwarnai dengan situasi dimana setiap individu sepertinya sibuk dengan gadget masing-masing.

Well, hadirnya gadget atau smartphone memang sangat membantu mendekatkan yang jauh. Tapi saat acara silaturahmi seperti ini malah menjauhkan yang dekat.

BACA JUGA: Siapa yang Lebih Rentan Kecanduan Gadget: Pria atau Wanita? 

Media Sosial Bikin Bukber Gag Lagi Menyenangkan

Terlebih semenjak media sosial booming, interaksi yang dilakukan secara langsung dengan tatap muka sekarang sudah berubah.

Kini di momen buka bersama kebanyakan orang malah sibuk memegang dan berkutat dengan ponsel mereka masing-masing. Belum lagi Entah itu untuk update status, foto dan langsung diupdate di sosial media, sampai untuk membalas chatting.

(Foto: Twitter)

Banyak orang yang jadi malas berinteraksi sosial dan malah sibuk dengan ponselnya masing-masing. Padahal momen berbuka bersama, seharusnya diisi percakapan hangat. Mengobrol dan saling tukar cerita selama kebersamaan.

BACA JUGA: Aturan Berbuka Puasa yang Optimal Menurut Pakar Gizi 

Belum lagi saat makan, selalu saja ada yang menyempatkan diri buat memotret makanannya lalu di-upload di Instagram atau Facebook. Tujuannya sih biar kelihatan eksis dan memperlihatkan keseruan acara ngumpul di media sosial.

Kita lupa,  terlalu fokus pada media sosial. Interaksi kita di media sosial membuat kita jadi makin cuek dengan sekitar kita.

Lantas apa serunya buka bersama dengan situasi seperti itu? Mestikah fokus quality time buka bersama tergantikan lewat kegiatan tidak penting seperti itu!

BACA JUGA:

Taruh Smartphone dan Berhentilah Sejenak bermedia Sosial

Acara buka bersama harusnya bisa lebih asyik dan berkesan tanpa harus terganggu smartphone ataupun media sosial.

Ada baiknya untuk menaruh smartphone ataupun  berhenti sejenak dari aktivitas bermedia sosial saat buka bersama.

BACA JUGA:

Sebab  berinteraksi langsung alias  tatap muka  saat buka bersama sangatlah penting. Bisa ngobrol langsung, tertawa bareng, sampai bercanda itulah keseruan yang berkesan yang hanya bisa dirasakan saat berkomunikasi  tatap muka.

Manfaatkan acara buka bersama sebagai media menyambung tali silaturahmi dengan  baik dan maksimal. (Sbg/Rig)

Comments