skatepark
kehadiran skatepark rupanya juga menjadi salah satu faktor berkembangnya olahraga ekstrim ini di kota Jakarta. )Foto Unsplash)

Sabigaju.com – Salah satu komunitas olahraga yang terus bertumbuh di kota Jakarta adalah Komunitas olahraga Skateboard.

Meski olahraga skateboard termasuk dalam jenis olahraga ekstrim namun keberadaanya terus berkembang. Malah sejumlah skaters tanah air mampu meraih prestasi dan mendapat pengakuan di kancah internasional.

Salah satu yang membuat berkembangnya skateboard di Tanah Air itu tak lepas dari keberadaan arena bermain skateboard alias skatepark yang memberi pengaruh bagi anak-anak di sekitarnya untuk mencoba salah satu olahraga ekstrem ini.

Keberadaan skatepark sendiri turut menjadi wadah bagi para pegiat olahraga ekstrem untuk menyalurkan hobi tersebut menjadi kegiatan yang positif.

Nah, ada beberapa rekomendasi enam skatepark yang wajib banget dicobain para skaters di Jakarta.

1. Kalijodo Skatepark

Skatepark Kalijodo bisa dibilang merupakan tempat bermain skateboard paling bagus di Jakarta. Banyak skater rela datang dari jauh hanya untuk bermain atau sekedar menjajal skatepark Kalijodo ini.

Skatepark
Skatepark Kalijodo bisa dibilang merupakan skatepark paling bagus di Jakarta. (Foto Instagram)

Ada tiga jenis trek (track) di taman bermain Skateboard Kalijodo, yakni, pumping track, street dan bowl track. Area ini menempati 2.000 meter persegi di dalam kawasan Kalijodo.

Ada satu spot berbentuk setengah lingkaran berdiameter hampir lima meter yang dinamakan sebagai cradle, desain yang pertama kalinya ada di Asia Tenggara bahkan di Asia dengan sarana yang bertaraf internasional.

2. Green Skatepark

Skate Park ini terletak di Teater Imax Keong Mas TMII Jakarta dan diresmikan sejak 2009 silam lalu. Selain arena skateboard, Green Skate Park juga terdapat arena permainan olahraga lainnya seperti inline skate, ATV, outbond, dan arena sepeda dirt jump.

Skatepark
Green Skatepark tempatnya sangat teduh dan asri, oleh karena itulah suasananya membuat para pengunjung betah berlama-lama di sini. (Foto Instagram)

Arena skateboard di Green Skate Park terbagi menjadi dua, yakni play ground dan bowl atau poll. Kedua arena ini terbuat dari semen, bukan dari papan ataupun kayu.

Green Skatepark tempatnya sangat teduh dan asri, ada banyak pepohonan besar nan rindang yang mengelilinginya. Oleh karena itulah suasananya membuat para pengunjung betah berlama-lama berada di sini, selain berolahraga juga bisa bersantai menikmati alam sekitar yang asri.

3. Twilo Skate Corner

Twilo Skate Corner adalah wahana skate park yang didirikan pada 20 Mei 2016. Lokasinya berada di Kemang, Jakarta Selatan, sebuah kawasan paling sering ramai dipenuhi oleh kaum muda ibu kota.

Skatepark
Twilo Skate Corner adalah wahana skatepark di Kemang, Jakarta Selatan, yang selalu ramai dipenuhi oleh kaum muda ibu kota. (Foto Instagram)

Mempunyai luas sekitar 450 meter persegi, Twilo Skate Corner memberikan suasana berbeda dibandingkan tempat bermain skateboard lain di ibukota atau bahkan di dunia sekalipun. Disertai beberapa obstacle, seperti spine ramp, mini bowl dan street course.

Selain itu, kelebihan utama di sini yaitu semua obstacle atau rintangan skate tersebut bersifat portable alias bisa dipasang dan dilepas dengan mudah. Sehingga, course menjadi lebih fleksibel dan tidak monoton. Terdapat juga skate shop, skate school serta kitchen yang menjual aneka makanan dan minuman.

4. Puink Skatepark

Berlokasi di Pademangan, Jakarta Utara, Puink Skatepark merupakan salah satu tempat bermain skateboard terbaik di Jakarta.

Skatepark
Puink Skatepark merupakan salah satu wahana skateboard outdoor terbaik di Jakarta. (Foto: Instagram)

Meskipun terletak di daerah padat penduduk, tapi arena ini cukup nyaman digunakan untuk berlatih, dan cukup sempurna untuk melatih beberapa trik khusus permainan skateboard.

Dengan total luas keseluruhan 2500 meter persegi, tempat ini sudah dikatakan layak untuk menggelar berbagai ajang pertandingan, baik yang skala lokal hingga nasional.

5. UBL Skatepark

Skate park yang satu ini berada di dalam lingkungan Universitas Budi Luhur Jakarta. Walaupun berada di area kampus, skate park ini tidak hanya untuk mahasiswanya saja lho.

skatepark
Di kampus Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan juga terdapat wahana  skateboard yang bisa kamu coba untuk bermain skateboard. (Foto: Instagram budiluhur_skateboarding)

Siapapun yang datang dari luar kampus jika ingin bermain di UBL Skate Park dipersilahkan untuk bergabung untuk menyalurkan hobi skateboarding secara maksimal di sini.

6. Eleven Trees

Silakan datangi Restoran Eleven Trees di Jl. Intan Ujung No. 11 Cilandak Barat, Jakarta Selatan, untuk bermain skateboard asyik bersama teman-teman kamu. Jam operasinya pun cukup panjang. Kamu bisa bermain sejak pukul 08.00—22.00 setiap harinya.

skatepark
Kamu juga bisa melakukan permainan skateboard diarea skatepark restoran eleven Trees di kawasan Cilandak Jakarta Selatan. (Foto instagram eleventrees)

Tempat ini memiliki jadi wahana bermain skateboard yang cocok untuk kamu memulai olahraga ekstrem yang satu ini. Rintangan yang disediakan tidak terlalu tinggi dan menyeramkan seperti tempat-tempat yang lainnya.

Kalau di hari kerja, biasanya baru ramai di sore hari. Karena mereka yang main adalah anak-anak yang baru pulang sekolah. Sementara di akhir pekan, yang main adalah komunitas-komunitas skateboard. (Sbg/Rig)

Comments