(Foto: Instahram.com/keishaanindya98)

Sabigaju.com – Destinasi wisata alam Situ Gunung yang berada di di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi merupakan kawasan yang patut kamu kunjungi

Di tempat yang begitu indah ini kamu bakal merasakan damai, pikira fresh, kondisi hati dan jiwa pun seakan lebih bugar dari biasanya.

Di Situ Gunung Kamu bisa menjelajah Hutan pinus yang begitu lebat nan hijau,atau menjajal jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara yang menarik wisatawan untuk berfoto atau sekedar menikmati pemandangan disekelilingnya. Selain itu, kita juga dapat berkemah di area Situ Gunung dan menyaksikan sunrise disekitar danau,

Penasaran dengan pesona Situ Gunung yang kini menjadi buah bibir para traveler? Yuk simak ulasannya berikut ini:

BACA JUGA: Ecotherapy, Bikin Stress Ngacir di Masa Pandemi 

Pesona Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Salah satu alasan mengapa kamu harus mengunjungi Situ Gunung adalah menjajal pengalaman melintasi Jembatan gantung yang melintang panjang.

Kamu bakal terpesona melihat jembatan ini. tidak hanya itu, adrenalin akan terpacu melihat bawah jembatan ini adalah jurang yang menganga begitu lebar.

(Foto: Instagram.com/ariadisyukur)

Jembatan gantung dengan panjang 250 meter, lebar 2 meter dan tinggi 150 meter ini tampak begitu aduhai di mata para petualang yang mengincar tantangan.

Saat berjalan, jembatan akan sedikit bergoyang apalagi sampai di tengah-tengah. Tidak hanya itu saja, angin akan menerpa dengan kuat.

(Foto: Instagram.com/pesonaid_travel)

Tidak perlu khawatir saat melewati jembatan ini, karena petugas sudah menyiapkan sabuk pengaman pinggang yang dikaitkan ke pegangan jembatan.

Kapasitasnya pun dibatasi hanya 40 orang untuk sekali melintas, sehingga aman untuk dilalui. Jangan lupa juga abadikan setiap momen di sini dengan menggunakan kamera, bisa foto dan juga video.

Jembatan gantung ini, berbahan bakun kayu ulin yang dibawa langsung dari Papua. Kayu ulin memiliki ketahanan terhadap perubahan suhu, kelembapan, dan tidak mudah dimakan rayap,

BACA JUGA: Main Air di Pulau Moyo Bikin Segar Jiwa dan Raga 

Curug Sawer

Dari jembatan gantung, terdapat destinasi wisata yang tak kalah menarik  yang bisa kamu sambangi di Situ Gunung adalah air terjun Curug Sawer yang berjarak kurang lebih dua kilometer dari tempat pemberhentian jembatan gantung.

(Foto: Instagram.com/iwanvanwilan)

Di sekeliling Curug Sawer merupakan kawasan hutan yang ditumbuhi pelbagai jenis pepohonan, sangat rimbun. Semua tumbuh alami dan berdiri tegak seolah menjadi pagar hidup bagi areal wisata ini.

Curug ini memiliki ketinggian 30 meter. Selain sajian pemandangannya yang tak main-main, airnya yang jernih dan juga arus sungainya yang tidak terlalu deras membuat banyak wisatawan berendam di sungai ini.

BACA JUGA: Menyatu dengan Alam, Coba Deh Penginapan Unik ini

Pesona Danau yang Bersih dan Indah

Selain menikimati pemandangan hijau-hijau, Kamu juga akan disuguhkan dengan kehadiran danau. Perpaduan alam nan sempurna yang coba di hadirkan di kawasan ini.

Airnya begitu jernih membuat siapa pun pasti ingin masuk kedalamnya.danau ini dikelilingi oleh hamparan perbukitan dari Gunung Gede Pangrango.

Keindahan danau Situ Gintung
(Foto: Instagram.com/tofa_ibrohim76)

Di danau Situ Gunung ini kamu dapat menikmati pemandangan dengan menaiki perahu sambil mendengar suara burung bernyanyi, saling bersahutan dan terbang kesana-kemari.

BACA JUGA: Wisata Oksigen di Finlandia, Bersih Banget Negaranya 

Berkemah

Suasana hutan pinus dan hutan damar serta indahnya air terjun menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang untuk berkemah ataupun glamping di Situ Gunung.

Untuk glamping di Situ Gunung sendiri, meski sudah dibangun sedemikian rupa, namun suasana alam masih sangat terasa di kawasan ini.

(Sumber: Instagram.com/kenawa_travelsmi)

Ada sejumlah lokasi berkemah yang tersedia. mulai dari dekat dengan akses keluar, hingga yang terjauh di sekitar Curug Sawer. Jadi, bebas memilih lokasi untuk berkemah.

Area berkemah di kawasan ini sudah berupa tanah lapang berumput yang datar, sehingga nyaman untuk mendirikan tenda.

Berkemah di Situ Gunung
(Foto: Instagram.com/joelianailufar)

Penerangan dan akses jalan menuju camping ground juga sudah cukup baik. Sebagian jalanan berupa batuan sehingga tidak becek usai hujan.

Situ Gunung benar-benar tempat yang menghadirkan segala keindahan yang tercipta di dalamnya. Jadi Kapan Kamu ke sini ke Situ Gunung? (Sbg/Rig)

Comments