Orang optimis Tidur lebih nyenyak
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Di tengah pandemi corona yang belum juga mereda, penting bagi kita untuk memiliki sifat optimis dalam menjalani hidup.

Memiliki sifat optimis bermanfaat dalam segala hal sehingga mampu membuat hidup lebih mudah. Sebaliknya, jika memiliki sifat pesimis tentunya akan menghambat kita untuk mencapai keberhasilan dalam hidup.

Nah, sifat optimis dan pesimis pun bisa turut mempengaruhi pola tidur .Salah satu penelitian menemukan fakta bahwa orang yang optimis cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan nyenyak di malam hari, dibanding dengan mereka yang pesimis.

BACA JUGA: Cowok Jomblo Sulit Tidur Ketimbang yang Punya Pasangan? 

Si optimis Tidur Nyenyak, Pesimis Susah Tidur

Sebuah studi yang dilakukan dilakukan oleh peneliti dari Universitas Kedokteran Wina di Austria. mengungkapkan mereka yang memiliki sikap optimistis dalam kehidupan memungkinkan mereka untuk tidur lebih nyenyak di malam hari, dibanding dengan mereka yang pesimstis.

Para peneliti itu melakukan penelitian terhadap 1.004 warga Austria. Peneliti melakukan sejumlah survei tentang kebiasaan tidur mereka secara umum dan faktor-faktor lain seperti pekerjaan mereka, dan mengukur optimisme mereka menggunakan tes yang divalidasi.

Cowok pesimis lebih sulit tidur
(Foto: Freepik,com)

Dalam hasil penelitian yang telah diterbitkan di Journal of Sleep Research, menunjukkan, peserta yang memiliki sikap optimistis 70 persen lebih kecil menderita gangguan tidur dan/atau insomnia daripada mereka yang lebih pesimistis.

Para peneliti mengatakan bahwa temuan baru tersebut, dapat menunjukkan bahwa mereka yang optimistis lebih sehat karena mereka tidur lebih baik.

Hasil penelitian ini senada dengan penelitian sebelumnya yang juga menunjukkan bahwa bersikap optimis tampaknya membawa manfaat yang besar bagi kesehatan.

Mulai dari minimnya risiko terkena penyakit kronis hingga memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

BACA JUGA: Tidur Tanpa Celana Dalam Bikin Pria Sehat dan Nyaman

Tidur nyeyak Bikin Si Optimis Panjang Umur

Menurut kepala  peneliti Jacob Weitzer tidur nyenyak  memberilan banyak keuntungan bagi para orang optimis.

Mereka yang memiliki skor optimisme tertinggi pada tes cenderung lebih tua, lebih sehat, lebih bahagia, lebih banyak berolahraga dan memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, dibandingkan dengan peserta dengan skor optimisme menengah dan rendah.

“Selain itu, mereka memiliki strategi yang lebih baik untuk mengatasi masalah dan mengalami lebih sedikit stres dalam situasi yang menantang,” kata  Weitzer.

(Foto: Instagram)

BACA JUGA: Jadikan Musik Sebagai Alarm Bangun Tidur 

Menurut Weitzer, seseorang dapat meningkatkan rasa optimisme melalui berbagai latihan, seperti metode Best Possible Self.

“Ini melibatkan upaya untuk membayangkan suatu cita-cita dan menuliskan bagaimana kehidupan terbaik seseorang bisa terlihat di masa depan. Setelah beberapa minggu berlatih secara teratur, ini dapat membantu meningkatkan tingkat optimisme seseorang,” papar Weitzer.

Para peneliti menambahkan bahwa metode ini tidak harus selalu mencapai kondisi ideal. Tapi,   lebih tentang bagaimana membantu menetapkan tujuan untuk masa depan yang optimis.

Oleh karena itu, meningkatkan optimisme adalah cara sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita. (Sbg/Rig)

Comments