Pendiri grup musik Dewa 19 i Ahmad Dhani Prasetyo akan hadir dalam sidang perdana kasus ujaran kebencian yang menyeret namanya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada (Senin 16/4). (Foto: Instagram ahmaddhaniprast)
Pendiri grup musik Dewa 19 i Ahmad Dhani Prasetyo akan hadir dalam sidang perdana kasus ujaran kebencian yang menyeret namanya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada (Senin 16/4). (Foto: Instagram ahmaddhaniprast)

Sabigaju.com – Pendiri grup musik Dewa 19 Ahmad Dhani Prasetyo  hari ini (Senin 16/4) akan menjalani sidang perdana  dalam kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian.

Dhani didakwa melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

Kasus ini bermula ketika Jack Lapian melaporkan Ahmad Dhani ke polisi atas tuduhan ujaran kebencian. Dhani dianggap telah menuliskan pernyataan bersifat sarkastis pada akun Twitter-nya, @AHMADDHANIPRAST, dalam rentang waktu Februari hingga Maret 2017

Dalam persidangan nanti, majelis hakim yang akan menangani kasus tersebut yakni Ratmoho, Sudjarwanto.

Hakim Ratmoho resmi ditunjuk Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk memimpin sidang kasus Dhani padahari ini.

Sebelumnya, dia menjadi hakim sidang praperadilan pengacara Fredrich Yunadi.

[tooltip gravity=”nw” txtcolor=”#1e73be”]Baca Juga: Ahmad Dhani, Antara Kicauan, Tersangka dan Rencana Resign[/tooltip]

Pembacaan Tuntutan

Sidang akan digelar siang ini sekitar pukul 13.00 WIB. Agenda sidang perdana kali ini yaitu pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum.

Ahmad Dhani mengaku tidak ada persiapan khusus menjelang persidangan. “Ga ada persiapan,” kata dia singkat melalui pesan elektronik di Jakarta, Senin, 16 April 2018.

Polisi menyerahkan lima alat bukti kepada kejaksaan, yakni screenshoot akun Twitter atas nama Ahmad Dhani Prasetyo; satu unit HP; satu buah email beserta password; satu buah akun Twitter dengan nama ADP; dan sebuah sim card.

[tooltip gravity=”nw” txtcolor=”#1e73be”]BACA JUGA: Ditagih Utang, Ahmad Dhani Masih Bungkam[/tooltip]

Ancaman 6 Tahun Penjara Buat Ahmad Dhani

Sebelumnya Kejaksaan telah memeriksa Dhani beserta barang bukti yang dilimpahkan penyidik Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (12/3) lalu.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Raimel Jesaya mengatakan, Dhani terancam hukuman 6 tahun penjara dalam kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian.

“Ancaman hukumannya itu enam tahun,” ujar Raimel di Gedung Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Tanjung, Jagakarsa kala itu.

Sementara itu, Dhani mengaku tidak takut dengan ancaman hukuman enam tahun penjara yang menjeratnya. Dia optimistis akan mendapatkan keadilan saat kasusnya disidangkan.

Dhani optimistis akan mendapatkan keadilan saat kasusnya disidangkan.

“Orang enggak salah, ya, enggak takut,” kata Dhani seusai diperiksa kejaksaan pada Februari lalu. (Sbg/Rig)

Comments