orang yang sibuk dengan aktivitas bermanfaat lebih bahagia ketimbang mereka yang mager.
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak orang yang kini mulai sibuk melakukan kegiatan lantaran dampak dari pandemi. Ada yang sibuk mencari kerja ada yang mencoba membuka peluang usaha.

Namun demikian, tak sedikit orang yang mager di saat pandemi dengan berbagai alasan.

Dalam hasil riset yang pernah dilakukan  para peneliti dari University of Chicago, AS dan Shanghai Jiaotong University, menyebut, mereka yang sibuk dengan kegiatan bermanfaat ternyata  lebih bahagia dibandingkan orang yang mager lho gaes.

Riset ini menyebutkan, keinginan untuk lepas dari rasa bosan, jenuh, dan depresi membuat seseorang menciptakan kesibukan.

Orang-orang inilah yang lebih berbahagia ketimbang orang-orang yang pasrah dan tidak tahu berbuat apa saat dilanda kebosanan ataupun mereka yang mager.

Sibuk bekerja bukan berarti menjadi alasan untuk tidak bahagia. Kamu juga bisa bahagia dengan kesibukan. Nah ada sederet alasan mengapa sibuk dapat membuatmu bahagia. Cek nih gaes:

BACA JUGA: Kok Bisa Sering Lupa Hari Saat WFH di Masa Pandemi?

1.  Kondisi Diri Lebih Terkontrol

Dengan memiliki banyak kegiatan yang menyibukkan, kamu akan melakukan apapun untuk menguasai situasi demi mengurangi tingkat stres.

Sehingga kamu akan terbiasa untuk mengontrol diri. Seiring dengan kontrol dirimu, kamu akan merasa bahagia, terlebih ketika kamu berhasil melewati kesibukanmu.

2. Membuatmu Termotivasi

Ketika kamun dihadapkan dengan tujuan jangka pendek yang tidak terikat oleh waktu, mereka dapat sangat termotivasi. Tingkat keberhasilan yang lebih banyak menyebabkan karyawan termotivasi dan bahagia.

BACA JUGA: Buat Kamu yang Ingin Bercinta tapi Mager Usai Pulang Kerja 

3. Memberi Arah Tujuan

Ketika kamu menyadari bahwa kamu memiliki tujuan, kamu akan bergerak ke arah itu. Menjadi aktif dan terlibat adalah kebahagiaan.

Ini termasuk melakukan pekerjaan rumah tangga, berkebun, pergi ke gym, kantor, atau bahkan merawat anak-anak.

Semua itu memberimu tujuan. Kamu sibuk dan tidak merasa stagnan, karenanya kamu bisa bahagia.

4. Meningkatkan Diri Sendiri

Kamu akan menjadi lebih baik dengan melakukan tugas terus menerus, memperbarui diri sendiri atau mempelajari hal-hal baru. Agar kamu terus berkembang, kamu harus tetap sibuk.

Belajar semakin banyak akan meningkatkan harga dirimu. Dan dengan mendorong batas-batas dirimu, kamu pasti akan lebih berhasil dan lebih bahagia dengan diri sendiri.

BACA JUGA: Sederet Bahaya Mengintai Orang yang Terlalu Sibuk 

5. Tidak Sempat untuk Berpikir Negatif

Ruang kosong menarik negativitas. Saat kamu sibuk, kamu tidak sempat memikirkan semua hal negatif.  Kamu malah lebih fokus  pada tugas di tanganmu. Otakmu akan bergerak baik secara kreatif maupun intelektual.

Tapi inget gaes, Kalau  kamu terlalu sibuk, hormon kortisol yang akan mengendalikanmu dan ujung-ujungnya stres, deh.

So, sibuklah pada waktunya, dan luangkan waktu untuk beristirahat. Orang sibuk memang lebih bahagia, asal bisa mengendalikan kesibukannya. ketimbang mager unfaedah. (Sbg/Rig)

Comments