Kereta Api melintasi Siberia
(Sumber: lidenz.ru)

Sabigaju.com -Siberia merupakan wilayah di Rusia  yang membentang dari bagian barat Pegunungan Ural hingga di timur Samudra Pasifik di timur dan dari bagian selatan Samudra Arktik hingga ke perbukitan di utara Kazakhstan dan perbatasan Mongolia dan Cina.

Saat mendengar kata Siberia, mungkin kalian akan secara otomatis berpikir bahwa Siberia adalah daerah yang terisolasi, liar dan dingin membeku.

Wilayah Siberia tidak selalu semuanya terpencil dan terisolasi seperti apa yang dibayangkan oleh banyak orang. Siberia pada faktanya memiliki beberapa kota yang maju, yang dikenal sebagai salah satu pusat ilmu pengetahuan dan penelitian Rusia, dan tidak sulit untuk diakses.

Apalagi kehadiran  sarana dan prasarana t transportasi modern, seperti pesawat terbang dan jalur kereta api Trans-Siberia makin memudahkan masyarakat Siberia untuk bermobilitas ke kota-kota lain di Rusia dan luar negeri dan pastinya memudahkan Anda untuk berkunjung ke Siberia

Nah ada beberapa destinasi keren plus anti mainstream  yang direkomendasikan Albatrostrip untuk dikunjungi kalian yang ingin mengenal lebih jauh Siberia

BACA JUGA: Rekomendasi Buat Pendaki, Jelajah Wisata Gunung di Rusia!

Jalan-jalan di Kota Terbesar Ketiga di Rusia, Novosibirsk

Kota Novosibirsk
(Foto: Instagrm.com/afishanovosibirsk)

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa salah satu kota terbesar di Rusia berada di Siberia. Ya, Novosibirsk adalah kota ke-3 terbesar di Rusia.

Pusat kota ini dapat dikatakan padat, tetapi tenang dan sangat hijau berkat banyak taman dan deretan pepohonan di jalan-jalan. Kota ini sangat ideal bagi kalian yang suka jalan-jalan.

Museum of World Funeral Culture Novosibirsk. Siberia
(Foto: novat.nsk.ru)

Beberapa hal menarik dapat anda lakukan di kota ini seperti mengunjungi museum yang unik, the Museum of World Funeral Culture (Museum Kematian).

Museum yang masuk dalam program UNESCO ini mempertunjukkan tradisi pemakaman dari berbagai bangsa di dunia, termasuk tradisi pemakaman dari berbagai latar belakang agama.

The State Opera and Ballet Theatre Novosibirsk
(Foto: novat.nsk.ru)

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi The State Opera and Ballet Theatre. Teater ini adalah salah satu teater terpenting dan simbol kebanggaan Siberia. Teater ini juga memiliki grup musik dan teater terbaik di Rusia yang telah berpartisipasi dalam berbagai festival internasional dan Rusia.

Teater ini juga telah dilengkapi dengan teknologi teater tercanggih di Rusia. Sementara itu, bagi kalian yang pencinta makanan, maka anda harus mencoba kuliner Siberia.

Disini, kalian bisa membeli makanan organik seperti kacang cedar dari taiga Siberia, daging asap, kaviar, madu lokal, selai, dan buah kering dengan kualitas terbaik.

BACA JUGA: Wisata ke Vladivostok, San Fransisconya Rusia di Asia

Merasakan Sensasi di Kota Terdingin di Planet Bumi, Yakutsk

Yakutsk di Siberia
(Foto: Instagrm.com/pr_sakha)

Yakutsk adalah salah satu kota terdingin di dunia, dimana suhu terdingin bisa mencapai -40 derajat Celcius dan rekor terdingin yang pernah terekam adalah -63 derajat Celcius.

Saking dinginnya kota ini, maka tidak mengherankan kalau kota ini pernah menjadi concentration camp bagi tahanan politik dan musuh-musuh Stalin pada tahun 1930an – 1950an.

(Foto: gelio/livejournal.com)

Di kota ini kamu bisa berkunjung ke Mirny, yaitu pertambangan berlian terbesar di dunia,

Kamu juga bisa memancing atau berseluncur dengan anjing husky di Lena Pillars yang membeku dan merupakan salah satu bagian dari UNESCO World Heritage Site.

lena Pillars
(Foto: Instagram.com/dashoonchik)

kamu juga bisa mengunjungi peternakan kuda Siberia sambil melihat kehidupan tradisional salah satu suku asli Siberia, yaitu suku Sakha merupakan pilihan yang menarik.

BACA JUGA: Ngebet Ke Luar Angkasa? Jajal Wisata Kosmonot Rusia Yuk 

Mengunjungi Danau Air Tawar Terbesar dan Terdalam di Dunia, Irkutsk

Danau Baikal
(Foto :Instagram.com/wonders_of_the_world_00)

Jika Anda memilih untuk memulai perjalanan menggunakan kereta Trans-Siberia ke Siberia, maka Anda wajib transit di kota Irtkutsk untuk mengunjungi Danau Baikal.

Danau Baikal yang masuk di dalam daftar World Heritage UNESCO ini dikenal sebagai “Galapagos of Russia.”

Danau Baikal
(Foto: Instagram.com/kostyunin_photography)

Sebagai danau air tawar terbesar dan terdalam di dunia, danau ini tidak saja memiliki keanekaragaman fauna air tawar terbesar di dunia, tetapi juga menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

BACA JUGA: Berpetualang ke Murmansk, Lingkar Kutub Utara Rusia

Tantangan Cuaca Bagi Masyarakat yang Tinggal di Siberia

Siberia terkenal dengan cuaca yang ekstrim, khususnya pada musim dingin bahkan di daerah tertentu bisa mencapai -40 derajat celcius. Nah, beradaptasi terhadap lingkungan yang dingin telah menjadi bagian dari budaya Rusia.

Pakaian hangat banyak dijual di mana-mana, termasuk di toko-toko dan di jalan-jalan. Anda tidak perlu khawatir kekurangan stok atau pilihan pakaian hangat yang tentunya juga trendi untuk dikenakan sehari-hari untuk cuaca dingin apabila berkunjung ke Siberia.

Suhu Udara sangat dingin di Siberia
(Foto:Alexander Atoyan)

Sementara itu, ketika anda berkunjung ke restoran dan tempat umum lainnya, biasanya tempat mereka memiliki penghangat ruangan yang sangat baik dan menyediakan rak mantel atau lemari pakaian, sehingga anda tidak perlu mengunakan mantel atau jaket ketika berada di dalam ruangan, tetapi tetap berasa hangat.

So, kalau nanti Rusia sudah membuka pintu wisata usai pandemi pastikan kalian berkunjung ke Siberia dan mendapatkan pengalaman baru di sana. (Sbg/Mhr)

Comments