Mubazir
Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar hidangan makanan Lebaran tidak mubazir alias terbuang (Sumber Foto: healthyeatinghub.com.au)

Sabigaju.com – Hari Raya Idul Fitri tiba. Pada hari ini, biasanya setiap keluarga akan sedia makanan khas. Apalagi kalau bukan opor, rendang, ketupat, dan kawan-kawannya.

Saking sudah populernya tradisi ini, biasanya kita akan memasak atau membelinya dengan jumlah banyak.

Ini karena tamu biasanya berdatangan untuk bersilaturahmi. Tapi, sudah berhari-hari Lebaran usai, makanan kadang masih jadi bersisa. Padahal kita sudah bosan sekali menyantapnya.

Kalau dibuang mubazir dong, Sob. Lagipula limbah makanan ini juga sama berkontribusi buruk pada lingkungan. Agar makanan tidak mubazir, coba deh kasih tau ibu atau istri di rumah untuk menyiasatinya dengan cara ini.

BACA JUGA: Selamatkan Dunia dengan Tidak Menyia-nyiakan Makanan

Belanjakan Seperlunya

Agar makanan Tidak Mubazir, sebelum memasaknya, ada baiknya kamu menimbang-nimbang, apakah bahan makanan ini cukup atau berlebih untuk dikonsumsi nantinya? Hitung kira-kira tamu yang akan datang. Belanjakan bahan makanan seperlunya.

Lagipula perlu diingat nih, enggak semua tamu suka dengan makanan khas ini, loh! Biasanya mereka juga sudah bosan dan lebih suka makanan lain.

Dipisah jika porsi berlebih

Ada baiknya kamu mengambil sedikit porsi daripada berlebih hingga nantinya mubazir. Pisah porsi secukupnya untuk kamu.

Jika kurang, kamu bisa menambah untuk kedua kalinya. Ini demi menghindari makanan terbuang jika ternyata porsinya kebanyakan untuk kamu.

BACA JUGA: Libur, Waktunya Kuliner Pedas Awas Jangan Bablas

Masak makanan jenis lain

Biar makanan tidak terbuang alias mubazir, coba deh, kamu minta ibu atau istri di rumah untuk masak makanan jenis lain selain opor, rendang atau ketupat di rumah.

Umumnya, kamu akan bosan juga jika setiap bertamu ke kerabat lain, kamu harus makan makanan ini. Jika makanan di rumah jenisnya lain, tentu kamu akan senang dan lahap menyantapnya.

Olah Jadi Makanan Baru

Cara lain agar makanan tidak terbuang mubazir adalah dengan mengolahnya kembali menjadi makanan baru.

Kalau di Tangerang, ada makanan bernama orak arik. Orak arik inilah percampuran semua jenis makanan khas seperti opor, sayur kentang, sambal ati, dan rendang.

Biasanya makanan ini dimasak hingga kering. Lumayan tahan lama dan nikmat kok.

BACA JUGA: 7 Sajian Hidangan Non Ketupat di Saat Hari Idul Fitri 

Berbagi pada yang lain

Ini sih lebih baik. Masih ada orang yang enggak bisa makan ayam dan daging saat Lebaran, Sob. Jadi alangkah baiknya kamu menyisakan makanan untuk mereka yang membutuhkan. Dapet pahala juga, kan?

Well, itu dia cara menyiasati makanan mubazir selagi Lebaran. Jangan sampai makanan banyak terbuang alias menjadi mubazir ya. Selamat Lebaran, anyway! (Sbg/Dinda)

Comments