Imunitas tubuh sangat dibutuhkan di era new Normal
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Indonesia kini tengah bersiap menghadapi era new normal pada kondisi pandemi virus Corona (COVID-19). Hal tersebut diharapkan akan kembali menggerakan kegiatan perekonomian.

Implementasi new normal diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Yang paling terasa jika era new normal diberlakukan ialah bakalan adanya kebiasaan baru di tengah masyarakat. Khususnya jika berada di tempat umum atau di luar rumah.

Nah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sistem imun di era new normal  yang akan berlangsung dalam waktu dekat, agar terhindar dari berbagai virus:

BACA JUGA: Begini Panduan New Normal Kala kembali Bekerja di Kantor

1. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Di era new normal kamu harus meningkatkan sistem imun adalah dengan memilih gaya hidup sehat.

Jika setiap bagian tubuh kita, termasuk sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik tentu tubuh kita tak mudah diserang oleh virus. Untuk itu kamu sebaiknya:

– Tidak merokok

– Konsumsi makanan buah dan sayur

– Tidur yang cukup

– Ambil langkah-langkah untuk menghindari infeksi, seperti sering mencuci tangan dan memasak daging dengan saksama

– Rajin mencuci tangan dan selalu mengenakan masker saat berad di luar rumah.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Di era new normal kamu membutuhkan makanan yang baik dan teratur. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah mengonsumsi sayur dan buah. Selain itu bisa juga mengonsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Karena banyak sayuran, buah-buahan dan makanan nabati lainnya juga kaya antioksidan, mereka membantu mengurangi stres oksidatif.

BACA JUGA: Dunia Ilmiah Menguji Kekuatan Doa untuk Sembuh dari Corona

3. Mengelola Stres dan Fungsi Kekebalan Tubuh

Di era new normal sebaiknya kamu jangan mudah stres ataupun merasa cemas berlebihan.

Berbagai penyakit seperti sakit perut, gatal-gatal, dan bahkan penyakit jantung terkait dengan efek stres emosional. Dengan mengelola stres secara baik, tentu akan membuat sistem imun meningkat.

BACA JUGA: Mandi Air Dingin Baik untuk Imunitas Tubuh

4. Tidur Cukup

dan Hal lain yang perlu kamu lakukan di masa new normal adalah kamu harus cukup istirahat dan tidur

Tubuh kita perlu istirahat dan memulihkan tenaga. Kurangnya tidur bisa meningkatkan risiko untuk mengembangkan masalah kesehatan yang serius seperti jantung, alzheimer dan obesitas.

Beberapa studi menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari lima jam per malam lebih mungkin untuk menderita flu dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup.

Konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacang yang sehat ke dalam makanan. Salah satu studi menemukan bahwa diet yang kaya serat dan rendah lemak jenuh dapat menyebabkan tidur lebih berkualitas.

Yuk, kita siapkan sistem imunitas tubuh yang baik agar terhindar dari virus covid-19 di era new normal.(Sbg/Rig)

Comments