Sabigaju.com – Masyarakat Eropa umumnya lebih suka berjalan kaki dan juga bersepeda. Banyak sekali negara di sana yang sudah menyediakan fasilitas mumpuni dan aman bagi para pesepeda.

Selain banyak kota ramah sepeda, udara di Benua ini juga cukup bersih sehingga sangat menyenangkan menggunakan sepeda. Apalagi pada musim musim menjelang musim panas.

Nah, jaringan rute sepeda Eurovelo yang merupakan proyek Ikatan Pesepeda Eropa (ECF). memiliki pilihan jalur sepeda yang bisa kamu lintasi untuk keliling Eropa.

Yuk simak beberapa opsi jalur sepeda keliling Eropa yang direkomendasikan mereka!

BACA JUGA: Aksesoris Sepeda ini Wajib Kamu Bawa Waktu Ngegowes 

1. Atlantic Route

Lewat rute sepeda ini kamu bakal keliling Eropa mulai dari perbatasan barat di Eropa, mencapai dari Skandinavia, hingga Portugal Selatan dan Barat.

Kamu bisa mengunjungi fjord megah Norwegia, menyaksikan garis pantai Irlandia yang liar, tebing terjal di Brittany, dan pantai Portugal yang berjemur sepanjang 11.000 km.

Sepanjang jalan, kamu bakal tergoda oleh pesona kota pelabuhan yang ramai dan desa nelayan yang nyaman, Kamu juga punya akan terkesan dengan pemandangan dramatis dan berkesempatan untuk menikmati makanan laut terbaik yang ditawarkan setiap negara.

2. Capitals Route

Rute bersepeda keliling Eropa ini menempuh jarak sekitar sepanjang 5.000 km yang menghubungkan 6 kota yakni Dublin, London, Berlin, Warsawa, Minsk, dan Moskow

Kamu dapat memulai dengan suasana yang ramah di Pub Irlandia atau dengan foto di Lapangan Merah yang menakjubkan di Moskow.

Di sela-sela itu, Anda dapat menggabungkan santapan kelas satu, pesta, dan budaya di ibu kota dan kota-kota lain di sepanjang rute, dengan pemandangan indah seperti Hutan Białowieża yang tak tersentuh antara Polandia dan Belarusia, atau Taman Nasional Snowdonia di Inggris.

BACA JUGA: Pilihan Sepeda Gunung Lokal Buat Para Cowok Petualang 

3. Pilgrims Route

Rute ini cocok banget buat kamu yang ingin bersepeda keliling Eropa sambil mencari pengetahuan budaya dalam perjalanan sekaligus ingin berpesta.

Soalnya Rute ini akan memberimu gambaran tentang beberapa rute peziarah terkenal di Eropa dan sepanjang kira-kira 5.300 km

Kamu akan dapat menemukan beberapa bangunan keagamaan paling mengesankan di benua itu, termasuk katedral yang megah di Cologne, Aachen dan Santiago de Compostela .

Sementara utuk urusan party, kamu akan melewati banyak kota menarik yang terkenal dengan kehidupan malamnya mulai dari Hamburg, Liège, dan Paris.

4. Central Europe Route

Kamu siap bersepeda sepanjang 5.100 km melintasi Eropa dari barat ke timur? Rute keliling Eropa ini bakal memberikan wawasan yang menarik tentang benua terpadat kedua di dunia.

Sambil bersepeda kamu bakal menyaksikan berbagai banguna dengan   arsitektur abad pertengahan yang luar biasa,di sejumlah kota yang dinamis,

Yes kamu juga akan mengunjungi garis pantai utara Prancis yang dramatis, dan dengan menyeberang melalui Hutan Dongeng Bohemian.

BACA JUGA: Bersepeda Antara Tren dan Pentingnya Regulasi

5. East Europe Route

Rutesepeda keliling Eropa ini oleh beberapa komunitas sepeda dijuluki sebagai rute Beast of the East. Rute sepeda sepanjang 6.550 km ini membentang dari ujung timur laut Norwegia sampai ke Yunani yang cerah.

Rute ini juga membawa mu keliling Eropa melewati enam ibu kota negara berbeda: Helsinki yang trendi, Vilnius yang menawan, ‘Kota Phoenix’ Warsawa, ‘Kota Putih’ Beograd, Skopje yang menarik, dan yang terakhir, Athena kuno yang mempesona.

Nah, sambil menunggu diizinkannya turis asal Indonesia memasuki wilayah Eropa. Yuk, kita persiapkan fisik dan duit biar ready saat nanti kita keliling Eropa naik sepeda! (Sbg/Rig)

Comments