Sidang MK
Masyarakat dan netizen hingga Kamis (27/6) sore ini masih menanti hasil keputusan sidang MK alias Mahkamah Konstitusi mengenai sengketa pilpres 2019.(Sumber Foto: Setkab.go.id)

Sabigaju.com – Masyarakat dan netizen hingga Kamis (27/6) sore ini masih menanti hasil keputusan sidang MK alias Mahkamah Konstitusi mengenai sengketa pilpres 2019.

Jadwal Sidang MK dengan agenda  pembacaan putusan untuk perkara sengketa Pilpres 2019, dimajukan yang semula dijadwalkan pada Jumat (28/6) menjadi Kamis (27/6).

Tidak ada alasan khusus mengapa jadwal pembacaan putusan sidang MK ni dipercepat. Namun intinya, Majelis Hakim Konstitusi sudah siap dengan putusan dan untuk bersidang dengan agenda pengucapan putusan.

BACA JUGA: Yuk Belajar Menerima Kekalahan Biar Kamu Enggak Jadi Perusuh 

Sidang sengketa hasil Pilpres 2019 yang dilayangkan Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diregister MK dengan nomor 01/PHPU-PRES/XVII/2019.

Permohonan sengeketa Pilpres ini dilayangkan kubu Prabowo-Sandi yang menuding telah ada kecurangan bersifat terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) dalam pelaksanaan pemilu.

Dalam sidang sengketa Pilpres ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi pihak termohon, paslon nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf menjadi pihak terkait, dan Bawaslu RI hanya menjadi pihak pemberi keterangan.

BACA JUGA: Jaga Kedamaian, Ricuh di Jakarta Jangan Terulang

Trending Topik di Twitter

Sementara itu saat Sidang sengketa Pilpres 2019 masih digelar di gedung Mahkamah Konstitusi. Warganet ramai-ramai terus mengunggah cuitan lewat beberapa tagar yang masuk dalam deretan trending topic di jagat Twitter Indonesia

Dalam daftar topik tren terpopuler di Twitter sore ini, muncul dua tagar #MenjagaDamaiPutusanMK dan #TerimaHasilMK mengiringi putusan sengketa Pilpres tersebut. Kedua tagar tersebut menduduki posisi  Ketiga di jejeran trending topic wilayah Indonesia

Secara umum situasi medsos tampak aman dan kondusif. Perhatian publik tidak setinggi sebelumnya saat Sidang MK sebelumnya.

BACA JUGA: Waspada Potensi Stress Pasca Pengumuman Hasil Pemilu 2019 

Harapan Pasca Hasil Keputusan di Sidang MK

Kita berharap kondisi keamanan tetap terjaga usai putusan MK. Apapun hasil putusan MK, siapapun harus menerima hasil putusan MK itu. Apalagi proses persidangan di MK sangat terbuka dan transparan.

Kepada pihak yang nantinya dinyatakan kalah oleh MK, diminta untuk tidak kecewa dan bisa bersikap dewasa dan menerima hasil putusan dengan baik.

Sementara bagi pihak yang dinyatakan menang juga diminta untuk tidak jemawa. Terlebih sampai merendahkan atau melecehkan pihak yang dinyatakan kalah dalam sidang gugatan.

Kita berharap adanya rekonsiliasi sosial di masyarakat usai putusan sidang MK tentang sengketa hasil pilpres 2019 ini. Hal ini penting demi terciptanya silaturahim mengingat tensi politik belakangan menjadi tegang karena penyelenggaraan pemilihan presiden 2019 beberapa waktu lalu. (Sbg/Rig)

Comments