Beranda Entertainment HOT Siapakah Sosok Bos Matahari Group yang Tewas Secara Misterius Ini?

Siapakah Sosok Bos Matahari Group yang Tewas Secara Misterius Ini?

5 menit baca
0
0
114
sumber : beritasatu

Sabigaju.com – Hari Darmawan (77) adalah Bos Matahari Group yang ditemukan tewas secara misterius, beliau ditemukan telah meninggal di Sungai Ciliwung, Cisarua, Bogor pada Sabtu (10/3) sekitar pukul 06.30 WIB. Hari Darmawan tengah berada di vilanya yang terletak di Cisarua. Namun pada hari Jumat (9/3) tepatnya pada pukul 21.30 beliau sudah tidak berada di tempat.

Pada hari Sabtu, Tim SAR dibantu warga sekitar menemukan Hari dalam kondisi tidak bernyawa di sungai dekat Hotel Lokawiratama, Cisarua, kawasan Puncak. Mereka menemukan jenazah Hari Darmawan yang telungkup dan tersangkut batu sejauh 100 meter dari lokasi hilangnya korban.

Rapat di Vila Sehari Sebelumnya

“Kalau menurut kami, besar kemungkinan Bapak (Hari Darmawan) jatuh ke Sungai Ciliwung karena kecelakaan. Beliau lelah setelah rapat bersama kami,” tutur Dyah Anggraini, seorang karyawan Matahari Group. Ia menuturkan, Hari bersama staf tengah mengadakan rapat di vila sang Bos yang terletak di kawasan Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor hingga malam (9/3).

Dalam rapat tersebut, Bos Matahari Group ini bahkan tidak menunjukkan firasat yang tidak biasa. Ia mengakui bahwa rapat juga berjalan sebagai mana biasanya. Seusai rapat, Hari mencari udara segar di luar vila yang dekat dengan Sungai Ciliwung. Saat itu, Hari meminta kepada supir pribadinya untuk mengambil minum di mobil.

Namun, ketika sopir pribadi kembali untuk memberikan minuman pada Hari, Hari sudah tidak berada di tempat. Pencarian kemudian langsung dilakukan untuk mencari Hari.

Berita mengenai meninggalnya Bos Matahari Group ini juga dikonfirmasi kembali oleh Kapolres Bogor Ajun Komisaris Andi Muhammad Dicky. Beliau menyatakan bahwa korban ditemukan hilang sejak Jumat (9/3) malam saat mengunjungi vilanya di kawasan Cisarua. Ia ditemukan meninggal dunia sekitar 100 meter dari vilanya.

Memiliki Jaringan Ritel Terbesar di Indonesia

Nama Matahari Department Store dikenal sebagai salah satu perusahaan ritel dengan jaringan tersebar luas. Matahari Department Store saat ini berada di bawah naungan Lippo Group milik James Riady. Namun, sebelum diakuisisi oleh Lippo Group, Matahari dimiliki oleh Hari Darmawan.

Hari Darmawan lahir pada 27 Mei 1940 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dan tumbuh di tengah keluarga besar. Keluarganya dikenal sebagai pengusaha keturunan Tionghoa di Makassar yang banyak berkecimpung dalam usaha produk pertanian.

Setelah lulus SMA, Hari Darmawan kemudian merantau ke Jakarta. Ia menikahi putri dari pemilik ‘Mickey Mouse’ sebuah toko serba ada berukuran kecil di Pasar Baru, yang pada saat itu merupakan distrik perbelanjaan terkenal di Jakarta.

Ayah mertua Hari Darmawan kemudian menjual toko serba ada tersebut padanya. Di tangan Hari, toko tersebut berkembang dengan pesat. Tahun 1968, ia membeli toko serba ada terbesar di Pasar Baru yang juga merupakan kompetitornya. Ia mengubah nama toko kompetitornya ‘De Zion’ yang berarti Matahari dalam bahasa Belanda menjadi toko ‘Matahari’.

Tahun 1980-an, ‘Matahari’ membuka cabang-cabangnya di hampir seluruh kota besar di Indonesia dan toko tersebut kemudian terkenal sebagai toko jaringan ritel terbesar di Indonesia.

Semasa krisis moneter tahun 1997, bisnis Hari Darmawan juga terkena dampaknya dan menanggung kerugian besar. Akhirnya, bisnisnya tersebut dibeli oleh Lippo Group. Hari Darmawan juga dikenal sebagai pemilik tempat wisata Taman Wisata Matahari, Cilember, Jawa Barat. (Sbg/Vania)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak faridsabi
Tampilkan Lebih Banyak Dalam HOT
Komentar ditutup

Lihat juga

Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba Masih Berlanjut

Sabigaju.com – Tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6) seki…