Kecanduan Gadget
Penggunaan gadget kini dinilai sudah sangat memprihatinkan.. Bahkan, tak sedikit orang yang kecanduan gadget.(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Dalam kehidupan sehari-hari, gadget menjadi barang primer bagi kebanyakan manusia tak terkecuali pria dan wanita. Sayangnya, penggunaan gadget kini dinilai memprihatinkan. Bahkan, tak sedikit orang yang kecanduan gadget.

Apalagi bagi kaum Millenial yang hampir semua orang menggunakan gadget (smartphone) sebab para pemilik gadget tentu menggunakannya bukan hanya sekedar sebagai alat untuk menerima telepon.

Lalu, diantara pria dan wanita, siapakah yang lebih rentan terkena kecanduan gadget?

BACA JUGA:

 

Riset Tentang Kecanduan Gadget

Sebuah studi di Korea Selatan mencoba membandingkan antara banyak waktu yang dihabiskan pria dan wanita dalam menggunakan gadget. Rupanya hasil membuktikan bahwa wanita lebih rentan terkena kecanduan gadget ketimbang pria.

Kecanduan Gadget
(Foto: Pexels)

Survei tersebut melibatkan 1.236 mahasiswa pria dan wanita yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Suwon, Gyeonggi. 52 persen responden wanita menggunakan smartphone sebanyak lebih dari 4 jam perhari.

Para peneliti kemudian memberikan kesimpulan bahwa pengguna gadget harus lebih berhati-hati dalam menggunakan gadget karena memiliki efek kesehatan yang berbahaya seperti peningkatan kecemasan.

Tertib dalam Menggunakan Gadget

Sekalipun pria dianggap tidak terlalu rentan dalam menggunakan gadget, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa pria pun akan mengalami hal serupa jika sudah menggunakan gadget dalam waktu yang lama. Berbeda dengan wanita, pria akan lebih sering menggunakan gadget untuk mengakses games yang akan membuat pria menjadi kurang berinteraksi sosial.

Untuk itu, ketika sedang mengerjakan pekerjaan, baiknya para pria mengatur jarak dengan gadget masing-masing. Caranya dengan meletakan gadget Anda di tempat yang susah dijangkau dan mengaktifkan silent mode. Selain itu, pada saat berkendara pun gadget jangan digunakan.

Berolahraga

Kecanduan Gadget
(Foto: Pixabay)

Kebanyakan pria tentu menyukai kegiatan olahraga. Pria dapat mengalihkan perhatian mereka terhadap gadget dengan meluangkan waktu untuk berolahraga.

Selain untuk mengalihkan perhatian kalian dari gadget, olahraga dapat membuat tubuh kalian sehat dan dapat mengusir rasa bosan.

Sebaiknya jangan berolahraga sambal bermain gadget. Namun, sebagai pelengkap kegiatan olahraga, Anda dapat menggunakan gadget untuk mendengarkan musik.

Uninstall aplikasi yang memiliki dampak negatif

Kecanduan Gadget
(Foto: Pexels)

Aplikasi yang memberikan Anda dampak negatif adalah aplikasi yang membuat kalian tidak bisa lepas dari gadget.

Daripada memberikan dampak negatif, sebaiknya Anda uninstall saja aplikasi tersebut. Sebagai contoh, jika aplikasi media sosial membuat

Anda semakin kecanduan, Anda dapat mulai mempertimbangkan untuk meng-uninstall aplikasi tersebut atau log out setelah selesai menggunakannya. (Sbg/Vania)

Comments