ilustrasi pixabay

Sabigaju.com – Topik mengenai gender dan percintaan adalah hal yang seru dan terkesan tidak pernah akan habis untuk dibahas dan diteliti. Mungkin kamu dan teman-teman pernah membahas antara perempuan dan laki-laki, siapa sih sebenernya yang lebih mudah jatuh cinta?

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut, ada baiknya simak dulu hasil riset dan pendapat para ahli

Riset dan Pendapat Para Ahli Mengenai Perilaku Masing-masing Gender

Sebuah riset terkait yang dilakukan oleh para ahli dari Huddinge University Hospital dengan sampel 12 perempuan dan laki-laki, menemukan bahwa feromon memiliki andil untuk menghasilkan perasaan naksir, suka, gairah seksual, hingga cinta pada seseorang.

Selanjutnya, ditemukan bahwa hormon estrogen (pada perempuan) maupun hormon testosteron (pada laki-laki) akan bereaksi setelah mencium wewangian yang serupa dengan feromon.

Pada studi yang diterbitkan oleh The Journal of Social Psychology, disebutkan bahwa cinta pada pandangan pertama (love at first sight) merupakan hal yang wajar dialami laki-laki. Sementara untuk perempuan, hal tersebut jarang terjadi karena pemikiran mereka cenderung jauh lebih rumit.

Dalam penelitian kuantitatif yang dilakukan terhadap 172 responden laki-laki dan perempuan, ditemukan bahwa laki-laki akan lebih mudah jatuh hati apabila melihat perempuan dengan penampilan menarik. Sementara seorang perempuan jarang sekali langsung tertarik dengan ketampanan pria dengan sekali tatap muka.

Perbedaan Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Jatuh Cinta

Marissa Harrisson sebagai tim peneliti dari The Journal of Social Psychology mengatakan bahwa  perempuan mempunyai insting untuk melindungi diri sendiri agar mereka terhindar dari menjalin hubungan yang salah.

Sedangkan ada ahli psikologi di Amerika Serikat bernama Ira Hyrman memiliki pandangan lain. Menurutnya love at first sight sangat mungkin terjadi pada laki-laki yang melihat perempuan dari penampilan. Sementara bagi perempuan, penampilan bukan menjadi hal pertama yang membuat mereka tertarik dengan seorang laki-laki.

Selain penampilan, perempuan biasanya akan mempertimbangkan berbagai hal seperti emosi, umur, status sosial, kemampuan finansial, keluarga serta kecerdasan. Laki-laki yang cerdas dan humoris akan lebih menarik dibanding mereka yang berpenampilan menarik.

Karena kompleksitas itulah yang membuat mengapa perempuan tidak mudah jatuh cinta, apalagi pada pandangan pertama. Kebanyakan perempuan akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum menjatuhkan hati kepada seorang laki-laki. (Sbg/Ary)

Comments