LDM
(Sumber Foto: marketium.ru)

Sabigaju.com – Masih pacaran aja rasanya sulit kalau harus LDR (long distance relationship). Gimana jadinya kalau sudah nikah tapi harus jauh juga ala Long Distance Marriage alias LDM?

Mesti harus melakukan semuanya sendiri, padahal sudah ada istri. Jarang ketemu anak. Sedih rasanya kalau ternyata salah satu dari mereka sakit tapi kamu enggak bisa ada di situ.

Belum lagi kalau kamu dalam kondisi yang “hot” tapi istri nggak ada. Mesti gimana dong, Nah, ada beberapa tips buat kamu yang menjalani LDM. Simak yah, gaes!

Komunikasi

Ini rule yang utama dan pertama. Komunikasi adalah kunci agar sebuah hubungan bisa berlanjut lama. Apapun bentuk komunikasinya, kalian harus melakukannya. Entah itu dari Whats App, Skype atau telepon.

Kamu harus melakukan ini agar dia tahu bahwa kamu sangat memikirkan mereka. Ini adalah hal terkecil yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA: Tips Hubungan Langgeng ala Tim LDR

Pajang Foto

Sepele kelihatannya. tapi ternyata ini sangat direkomendasikan oleh seorang psikolog Ryan Howes dalam laman Huffpost.

Memajang foto mereka merupakan salah satu upaya agar kalian tetap saling menjaga dalam pikiran walau harus jauh secara raga.

Jangan Membuat Asumsi

Komunikasi yang dilakukan para pasangan LDM ini begitu rumit. Mereka harus melakukannya by text atau phone.

Ini membuat mereka kesulitan membaca bahsa tubuh dan ekspresi wajah. Jadi, inilah yang memunculkan banyak asumsi yang padahal belum tentu benar.

Kalian akan saling tuding dan bahkan bisa berakhir pada perkelahian yang hebat.

BACA JUGA: Long Distance Relationship? Gak Masalah! 

Bersikap Seperti TInggal Bersama

Memang perbedaan utama pasangan LDM terletak pada tempat tinggal mereka. Kamu berpisah dengan istri dengan jarak yang lumayan jauh ataupun sangat jauh.

Namun, kamu harus tetap merasa bahwa keluargamu ada di atap yang sama agar pertama, tak kesepian, merasa ditemani mereka dan merasa takut untuk bertindak macam-macam haha.

Tetap Bersosialisasi dan Beraktivitas

Kamu harus mendapat distraksi positif di luar hubungan kalian. Coba untun bersosialisasi di komunitas, workshop dan beberapa kegiatan lainnya. Tentu ini agar kalian tak bosan dengan kesendirian.

BACA JUGA: Durasi Masa Berpacaran Sebelum Kamu Menikah 

Atur Waktu Ngedate

Ini penting. Sesibuk dan sejauh apapun kamu, tetap harus bertemu ya. Jangan khawatir, biasanya pasangan LDM akan selalu romantis karena tak pernah dilanda kebosanan pada hubungan mereka.

Banyak yang bilang bahwa jarak tak bisa bikin sukses sebuah hubungan. Tapi tentu saja kesuksesan hubungan LDM, kalianlah yang menentukan. So lets try! (Sbg/Dinda)

Comments