Toyota Supra
Produsen mobil asal Jepang Toyota Motor Corporation menampakkan wujud mobil sport terbaru mereka , yaitu Toyota Supra Terbaru di ajang North American International Auto Show, Detroit. (Foto: Instagram toyota)

Sabigaju.com – Setelah lama dinanti, Toyota Motor Corporation (Toyota) akhirnya menampakkan wujud mobil sport terbaru mereka , yaitu Toyota Supra terbaru di ajang North American International Auto Show, Detroit.

Supra terbaru tersebut adalah model global pertama dari seri mobil sport GR Toyota GAZOO Racing.Toyota Supra sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Toyota pada tahun 1978. Ubahan terus dilakukan hingga akhirnya ‘istirahat’ di tahun 2002.

Lantas apa saja keunggulan dari mobil Toyota Supra terbaru ini?

BACA JUGA:

 

Body dan Interior Mirip BMW

Toyota Supra terbaru memiliki jiwa sporty yang kental sebab wheelbase, tapak, dan pusat gravitasi sangat tepat sehingga mencapai kinerja yang optimal

Desain body Toyota Supra banyak menginspirasi eksterior Supra. Lampu depan, splitter di bemper depan, lubang udara di area samping pintu, dan atap menggelembung pada Supra diambil dari FT-1.

(Foto: Toyota)

Salah satu pembedanya yaitu hidung panjang seperti mobil Formula 1 pada FT-1 tidak sampai ke Supra.

Di kabin nuansanya baru sebab interior didesain mirip generasi baru BMW Z4. Supra jadi punya monitor di atas dasbor plus tombol putar pengaturan di konsol tengah yang mirip layout mobil-mobil BMW. Kemiripan itu sebetulnya wajar karena generasi kelima Supra memang menggunakan platform atas kerja sama Toyota dan BMW.

Mesin Canggih Toyota Supra

Sementra untuk mesin, Supra juga menggunakan mesin Z4, yaitu 6-silinder 3.000 cc turbo. Meski begitu output mesin Supra telah dibuat lebih nyantai.

Mesin Supra menghasilkan 335 tenaga kuda, lebih rendah 47 tenaga kuda dari Z4. Selain itu torsi Supra 494 Nm, lebih rendah 6 Nm dari Z4.

(Foto: Instagram toyota)

Supra dibekali hanya dengan satu pilihan transmisi, yaitu otomatis 8-percepatan. Transmisi manual sedang dipertimbangkan mengingat banyak penggila otomotif yang ingin nuansa gaya klasik.

Buat pasar Jepang, Supra tersedia dengan mesin 2.000 cc turbo. Ada dua pilihan tenaga yang diberikan, yaitu 194 tenaga kuda dan 258 tenaga kuda.

Jadi Incaran Fernando Aloso

Juara dunia dua kali Formula 1, Fernando Alonso kesengsem dengan performa mobil balap baru Toyota Supra. Dia ingin mobil Supra 2019 pertama yang diproduksi jadi miliknya.

Pebalap yang mencapai sukses besar pada 2018 di Le Mans 24 Hours tersebut pun memberikan testimoninya tentang performa mobi Toyota Supra terbaru.

(Foto: Instagram fernandoalo_oficial)

“Hasil tuning yang Anda dan tim lakukan di Sirkuit Nurburgring (Jerman) terbayar tuntas. Mobil memiliki handling seperti mobil balap, saat menikung pun bagus.

Perpindahan transmisinya cepat, akselerasi cepat dan pengereman juga bagus. Elektroniknya juga canggih. Mobil ini seperti mobil balap yang bisa Anda kendarai dengan nyaman setiap hari. Saya rasa orang bakal menyukainya, dan saya ingin jadi yang pertama!,” ujar Fernando Alonso.

Alonso bisa saja menjadi pemilik pertama mobil itu asalkan dia menang lelang Sabtu (19/1/2019) besok. Toyota akan melelang produksi pertama Supra 2019 untuk amal. Lelang dilakukan oleh rumah lelang Barrett-Jackson.

Rencananya mobil Toyota supra ini akan dijual di Jepang pada pertengahan 2019 mendatang. (Sbg/Rig)

Comments