Pasangan melakukan Online Affair bisa jadi karena beberapa hal
(Foto: Freepik,com)

Sabigaju.com – Harus diakui kalau masa pandemi banyak pria yang menemukan kalau  pasangan mereka diam-diam mencari pelarian. Termasuk terlibat online affair alias  berselingkuh lewat online.

Kenapa online affair? Tentu ini mungkin karena sempitnya kesempatan mereka untuk mencari pelarian secara langsung selama pandemi.

Sebuah studi baru yang perilaku selingkuh secara online semakin meningkat akiba lockdown dan pembatasan sosial. Temuan ini dimuat dalam studi yang bertajuk “Infidelity in the Time of COVID-19 yang dilakukan oleh psikolog University of Tennessee-Knoxville, Kristina Coop Gordon dan Erica A. Mitchell

Studi itu menyebutkan, sekitar 25 persen dari semua pernikahan mengalami perselingkuhan. Tetapi hal itu kini meningkat. Banyak pasangan yang menjalin hubungan di luar nikah melalui aplikasi kencan, di mana mereka dapat mencari hubungan dengan aman dan halus.

“Orang-orang yang tidak puas dengan hubungan mereka saat ini lebih cenderung mengeksplorasi pilihan-pilihan alternatif dan meningkatnya stres dari pandemi ini dapat berkontribusi pada persepsi yang lebih negatif untuk individu-individu baik pasangan mereka dan hubungan mereka,”  tulis mereka dalam studi tersebut.

Tapi kalau ternyata mereka melakukan online affair jauh sebelum pandemi, bisa jadi beberapa hal ini yang jadi penyebabnya:

BACA JUGA:  Waspadai Sederet Tanda Pasangan yang Berselingkuh 

Anonim

Online affair memungkinkan pelakunya mendapat pasangan tanpa perlu mereka tau identitas dari masing-masing diri mereka.

Mereka bisa menyembunyikan nama asli, memakai foto palsu, dan membuat persona baru. Tentu saja ini meminimalisir risiko agar mereka tidak ketahuan oleh teman, tetangga atau bahkan kamu.

Mereka juga bisa menyembunyikan ekspresi wajah mereka, bahasa tubuh dan bahkan penampilan fisiknya.

BACA JUGA: Ini Bedanya Selingkuh Versi Pria dan Wanita

Kenyamanan

Online affair itu gampang banget diakses, mereka punya banyak aplikasi, chat room dan bahkan situs untuk tujuan yang spesifik.

Ketika kita hidup dengan era smartphone, tentu saja itu semua mudah sekali diakses dan sangat murah.

BACA JUGA: Sulitnya Mencegah Perselingkuhan Saat ini

Pelarian

Orang yang punya online affair biasanya sengaja merasionalisasikan bahwa mereka tidak punya hubungan gelap.

Ini karena mereka merasa tidak bertemu dan bahkan hidup dengan orang di belahan dunia lain. Ini terasa seperti pelarian dari realitas hubungan nyata.

Biasanya online affair adalah hubungan singkat, tapi bukan tidak mungkin menjadi akan sangat adikitif. Tentu saja ini akan merugikan hubungan kalian sebagai suami istri.

Satu-satunya jalan adalah memperbaiki hubungan dan mengkomunikasikan segala masalah yang kalian hadapi. Hubungan sehat berawal dari komunikasi yang baik ya. (Sbg/Dinda)

Comments