"<yoastmark

Sabigaju.com – Penutupan sebagaian aktifitas pemerintahan Amerika Serikat atau dikenal dengan istilah Goverment Shutdown berakhir setelah Partai Republik dan Demokrat memilih untuk menyetujui sebuah rencana dana anggaran jangka pendek.

Dini hari tadi, Partai Republik dan Demokrat mencapai kesepakatan. Dengan begitu pemerintahan akan kembali berjalan seperti bagaimana mestinya. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menandatangani rencana anggaran jangka pendek yang sebelumnya diloloskan Kongres AS.

Pemerintah AS dibuka kembali sepenuhnya pada hari Selasa (23/1) ini dan resmi mengakhiri shutdown yang berlangsung sejak Sabtu (20/1) lalu, atau selama tiga hari terakhir.

Kini, pemerintah federal AS memiliki dana untuk menjalankan operasional hingga 8 Februari alias 3 minggu ke depan.

Shutdown Berakhir Lewat Kesepakatan Soal Imigran?

Senator Chuck Schumer banyak menyindir kebijakan Donald Trump yang dianggap kontra terhadap para imigran (Foto: Instagram)

Senator Chuck Schumer mengatakan kubu Demokrat setuju untuk mendukung undang-undang tersebut jika Partai Republik ikut akan menangani sebuah program yang melindungi para imigran muda dari tindakan deportasi.

Senator New York itu mengatakan dia menaruh harapan besar pada pembicaraan mengenai apa yang disebut Dreamers, program yang melibatkan lebih dari 700.000 imigran muda yang dibawa ke AS sebagai anak-anak yang dilindungi di bawah program Deferred Action for Childhood Arrivals (Daca) era Obama.

Dia mengatakan bahwa dia tidak berbicara dengan presiden yang berasal dari Partai Republik itu sejak pertemuan pada hari Jumat sebelum dimulainya ‘shutdown’ malam itu.

“Presiden si pembuat kesepakatan besar itu duduk-duduk saja di pinggir lapangan,” sebutnya seraya menyindir pedas Donald Trump.

Trump Angkat Bicara

Dalam pernyataan resmi sebelum menandatangani RUU rencana anggaran itu, Trump menyebut kemenangan terjadi setelah Kongres AS mencapai kesepakatan baru. Trump sendiri tidak banyak terlibat dalam lobi-lobi untuk membuka jalan buntu terkait rencana anggaran ini.

“Saya merasa senang Demokrat di Kongres telah kembali sadar,” ucap Trump usai kesepakatan terkait rencana anggaran jangka pendek untuk mengakhiri shutdown.

Presiden AS Donald Trump berjanji akan membahas lebih lanjut masalah UU Imigrasi (Foto Instagram realdonaldtrump)

Trump menambahkan pembahasan isu imigrasi akan dilakukan demi kebaikan AS. “Begitu pemerintah memiliki anggaran, pemerintahan saya akan mulai bekerja untuk menyelesaikan persoalan imigran ilegal yang sangat tidak adil.,” tambah Trump

“Kita akan mencapai kesepakatan jangka panjang soal imigrasi jika, dan hanya jika, kesepakatan itu baik bagi negara kita,” ucap Presiden AS itu

Kini ribuan pegawai federal yang telah diliburkan tanpa dibayar untuk sementara dapat menarik napas lega untuk beberapa waktu. Namun, pertarungan selanjutnya, akan terjadi hanya beberapa minggu lagi, dan mungkin akan menunjukkan berbagai hasil yang berbeda. (Sbg/Rig)

Comments