YouTube down
Laman berbagi video, YouTube sempat tidak bisa diakses pada hari Rabu, (17/10) WIB pagi .

Sabigaju.com – Hari ini Selasa (17/10) situs berbagi video, YouTube mengalami gangguan atau YouTube down hingga tak bisa diakses semua orang di seluruh belahan dunia.

Praktis, hal itu pun membuat banyak pengguna tak bisa mengakses video di YouTube karena down atau error tersebut.

Insiden tumbangnya YouTube ini bisa dibilang mengejutkan. Pasalnya, platform milik Google ini sebelumnya tak pernah mengalami error total selama lebih dari satu dekade belakangan.

YouTube Down di Pagi Hari

Mulanya gangguan ini hanya menimpa YouTube versi desktop atau situs web. Ketika pengguna mengunjungi situs YouTube, ada pemberitahuan bahwa layanan mengalami gangguan.

“Gangguan server internal 500. Maaf, ada yang salah. Tim kami berusaha memperbaikinya,” seperti itu tercantum pada layanan YouTube.

You Tube
Tampilan laman berbagi video, You Tube saat tidak bisa diakses pada hari Rabu, (17 /10) WIB pagi .

Pengguna masih bisa melihat template video di tab “Recommended”. Namun, YouTube sama sekali tak bisa memutar video tersebut. Setelah beberapa saat, akses via aplikasi mobile pun tak bisa diakses.

Berdasarkan situs DownDetector, laporan soal gangguan YouTube tersebar dari berbagai pelosok dunia. Yang paling banyak datang dari Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa, Inggris, dan Australia.

Pengguna asal Indonesia pun turut mengeluhkan masalah tumbangnya YouTube. Mereka banyak mengeluhkannya di Twitter.

Penjelasan Pihak YouTube

Media di luar negeri sudah mulai memuat YouTube tumbang. Media Express di Inggris misalnya, menurunkan judul ‘YouTube DOWN – Video streaming website not working WORLDWIDE’.

Masalah tersebut sudah terpantau oleh tim terkait di YouTube, yang juga sudah langsung menindaklanjuti masalah tersebut. Mereka berjanji akan memberi laporan informasi lebih lanjut.

“Terima kasih atas laporan-laporan mengenai masalah akses YouTube, YouTube TV, dan YouTube Music,” sebut akun @TeamYouTube yang juga di re-tweet oleh akun resmi Twitter @YouTube.

“Kami sedang berusaha menuntaskan masalah tersebut dan akan menginformasikan lagi ketika sudah beres. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan akan terus memberi laporan perkembangan,” kata pernyataan tersebut.

Pada prosesnya, layanan berbagi video itu sudah pulih seperti sediakala satu jam kemudian. Netizen pun meluapkan kegembiraan di media sosial. (Sbg/Rig)

Comments