Sabigaju.com – Aktivitas jalan kaki kini menjadi salah satu olahraga yang makin digemari masyarakat. Selain memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, olahraga yang satu ini juga bisa membantu seseorang menurunkan berat badannya.

Ada yang melakukannya dengan mengitari komplek perumahan ada yang melakukannya untuk ke kantor atau saat pulang ke rumah bahkan menjadi kegiatan saat akhir pekan

Nah, rutin melakukan aktivitas jalan kaki paling tidak 15 menit setiap hari bisa memberikan sederet manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Berikut ulasannya

BACA JUGA: Manfaat Keren Dari Aktivitas Hiking Bagi Fisik & Mental Kita 

Aktivitas jalan kaki di luar ruangan disebut-sebut dapat meningkatkan suasana hati, terutama saat sedang merasa sedih atau mengalami mood yang buruk.

(Foto: Pexels)

Apalagi ada sebuahpenelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine menemukan fakta  dimana , peserta yang melakukan rata-rata 150 menit olahraga intensitas sedang atau berjalan kaki 200 menit setiap minggu melaporkan tingkat energi lebih tinggi.

Peserta juga memiliki kesehatan emosional yang lebih baik dan kehidupan sosial yang lebih kuat ketika para peneliti mengikuti selama tiga tahun.

2. Mengasah Kreativitas

Kamu nggak bakal nyangka deh kalau aktivitas jalan kaki bisa membuat seseorang makin kreativ.  dalam sebuah  studi Stanford University menemukan berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas seseorang hingga 60 persen.

(Foto: Pixabay.com)

Kreativitas akan tetap bertahan bahkan setelah berjalan kaki selesai dilakukan. Saat berjalan kaki, orang cenderung memerhatikan keadaan sekitar. Hal ini bisa memberikan inspirasi, ide, dan mungkin solusi untuk suatu permasalahan.

BACA JUGA: Aktivitas Memasak Baik untuk Kesehatan Mental Saat Pandemi 

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Para peneliti di New Mexico Highlands University (NMHU) menemukan ketika seseorang berjalan, benturan kaki di tanah mengirimkan gelombang tekanan melalui pembuluh darah. Hal ini bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

(Foto: Pexels)

Selain itu, berjalan melindungi otak dari risiko terkena penyakit kognitif seperti Alzheimer dan penyakit demensia lainnya.

4. Obat Ajaib

(Foto: Pexels.com)

Aktivitas jalan kaki disebut sebagai obat ajaib karena memiliki kemampuan menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker .

Jalan kaki terbukti tidak memiliki efek samping, mudah dijangkau, dan efektif untuk menjaga kondisi kesehatan tetap baik.

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa Berjoget Bagi Fisik dan Psikis

5. Umur Panjang

(Foto: Pixabay.com)

Kamu mesti tahu nih gaes,aktivitas jalan kaki  itu kerap di kaitan dengan umur panjang. Menurut penelitian Mayo Clinic, menunjukkan jalan cepat dapat meningkatkan usia dibandingkan jalan lambat.

Nah, mulai deh gaes rutin buat jalan kaki

6. Lebih Hemat

Nggak sedikit orang jadi malas  berolahraga karena menganggap aktivitas fisik  ataupun berolahraga membutuhkan biaya yang besar.

(Foto: Unsplash)

Misalnya membayar member  keanggotaan di pusat kebugaran, membeli peralatan untuk bersepeda, dan lain sebagainya.

Memilih  Aktvitas jalan kaki sebagai olahraga bisa  menghemat uang sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan.

BACA JUGA: Aktivitas Jalan-jalan Tekan Kebiasaan Mengonsumsi Hal Negatif

7. Memberikan Quality Time

(Foto: Instagram indpriw)

Aktivitas jalan kaki bila dilakukan bersama teman atau keluarga, maka ada kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas dan membuat ikatan menjadi lebih erat.

Apalagi jika aktivitas jalan kaki dilakukan dengan orang lain biasanya mendapatkan jumlah langkah yang lebih banyak. Tentu ini hal ini semakin baik untuk kesehatan.  (Sbg/Rig)

Comments