ilustrasi pixabay

Sabigaju.com – Dalam dunia medis penyakit sakit kepala (headache/sefalgia) adalah keluhan yang umum terjadi. Sakit kepala merupakan salah satu keluhan fisik utama yang akan menganggu aktivitas kamu.

Banyak yang mengatakan bahwa sakit kepala adalah suatu respon gejala penyakit karena stress, vasodilatasi, migrain, sakit kepala tegang atau kombinasinya.

Jika nyeri kepala terasa di bagian belakang, hal ini bisa jadi merupakan indikasi bahaya. Disebut bahaya karena terdapat kemungkinan infeksi, tumor, intracranial, meningitis, cedera kepala, hipoksia, serebral, atau penyakit  pada mata.

Maka dari itu berikut kami berikan beragam informasi tentang sebab-sebab terjadinya sakit kepala menurut riset para ahli.

Penelitian Mengenai Penyebab Sakit Kepala

Menurut riset ahli patofisiologi tentang konsep klinis proses-proses penyakit mengatakan bahwa nyeri di kepala terjadi ketika area sensitif pada kepala distimulus, kemudian diproyeksikan ke permukaan. Setelah itu dirasakan di daerah distribusi syaraf bersangkutan pada area-area seperti kulit kepala, periosteum, syaraf kranial dan daerah meningen.

Ada lagi sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan oleh British Osteopathic Association (BOA). Riset ini mengungkapkan kalau sakit kepala dan leher terjadi akibat memakai topi yang terlalu ketat. Kacamata juga menyebabkan rasa nyeri karena adanya tekanan di area kepala.

Sedangkan penelitian dari Hasan S tentang Mekanisme Terjadinya Nyeri Kepala Primer dan Prospek Pengobatannya mengatakan sebab nyeri di kepala yakni antara lain:

  • Terjadi peregangan atau perubahan letak pembuluh darah intra atau ekstrakranial
  • Terdapat traksi pembuluh darah
  • Kontraksi otot-otot pada kepala dan leher (kelelahan otot)
  • Peregangan periosteum (nyeri lokal)
  • Degenerasi tulang belakang bagian servikal atas disertai penekanan radiks saraf servikal (misalnya : arthritis vertebra servikalis)
  • Defisiensi enkefalin (peptide otak yang bekerja seperti opiate; bahan aktif dari endorphin)

Ada lagi riset Ikawati tahun 2010 yang mengatakan bahwa sakit kepala bisa terjadi karena seseorang terlalu banyak minum kopi, selain itu terlalu banyak pikiran, merokok, dan alkohol.

Tips Mengurangi Sakit Kepala

Bagi kamu semua yang mengalami sakit di kepala secara mendadak, kamu bisa melakukan beberapa hal.

Sesuai tips berdasarkan hasil riset dari Ikawati, kamu semua bisa memulai untuk makan teratur dan memeriksa keadaan mata secara teratur.

Selain itu kamu yang terksiksa penyakit Sefalgia ini kamu bisa memperbanyak minum air putih hingga 8-10 gelas setiap hari, mengompres es batu dan pijat untuk melancarkan peredaran darah. (Sbg/Ary)

Comments