Minuman beralkohol
Umumnya saat orang menenggak minuman keras mayoritas bakal merasa mabuk. Namun, ada sejumlah orang yang tampaknya baik-baik saja meskipun mereka mengonsumsi minuman beralkohol. Para ahli menyebut orang-orang ini pecandu alkohol fungsional.(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Gambaran klasik seorang pecandu minuman beralkohol adalah seseorang yang selalu minum terlalu banyak dan yang hidupnya berantakan.

Namun, ternyata ada sejumlah orang yang tampaknya baik-baik saja meskipun mereka mengonsumsi minuman beralkohol. Para ahli menyebut orang-orang ini pecandu alkohol fungsional.

Lantas, bagaimana gambaran kehidupan seorang pencandu alkohol fungsional?

BACA JUGA:

 

Penyangkalan

Saat seseorang menjadi pecandu alkohol  fungsional Kamu mungkin saja memiliki “kehidupan luar” yang hebat, dengan pekerjaan yang menghasilkan banyak uang, rumah, keluarga, pertemanan, dan ikatan sosial, papar Sarah Allen Benton, penasihat kesehatan mental berlisensi dan penulis Understanding the High-Functioning Alcoholic .

Menurut Sarah, seorang pecandu alkohol fungsional mungkin bertanggung jawab dan produktif. Dia bahkan bisa berprestasi tinggi atau dalam posisi berkuasa. Bahkan, kesuksesannya mungkin membuat orang mengabaikan kebiasaan minumnya.

“Seorang pecandu alkohol fungsional Dia mungkin berpikir, Saya memiliki pekerjaan yang hebat, membayar tagihan saya, dan punya banyak teman; karena itu saya bukan pecandu alkohol,” paparnya

Bahkan kata Benton dia mungkin membuat alasan seperti, “Saya hanya minum anggur mahal” atau “Saya belum kehilangan segalanya atau mengalami kemunduran karena minum,” ujarnya

Tapi sayangnya di balik penyangkalan itu seorang pencandu alkohol  fungsional memiliki kondisi dimana dirinya tidak baik-baik saja. Sebab ia tidak akan dapat mempertahankan tanggung jawab utama dalam jangka waktu yang lama.

Apa Saja Tanda Seseorang Pecandu Alkohol Fungsional

Nah jika kamu mengonsumsi minuman beralkohol lebih dari empat gelas perhari hingga lebih dari 14 gelas seminggunya, kamu berisiko menjadi seorang pecandu alkohol fungsional

Namun itu bukan satu-satunya, berikut beberapa tanda lain yang bisa kamu perhatikan

1. Katakanlah Anda memiliki masalah atau lelucon tentang kecanduan alkohol

2. Tidak mengikuti tanggung jawab utama di rumah, tempat kerja, atau sekolah

3. Kehilangan persahabatan atau memiliki masalah dengan minuman beralkohol, tetapi Anda tidak berhenti menenggak minuman beralkohol

4. Memiliki masalah hukum terkait minum, seperti penangkapan DUI

5. Kerap minum alkohol untuk bersantai atau merasa percaya diri

6. Mengonsumsi minuman beralkohol di pagi hari atau saat Anda sendirian

7. Mabuk saat Anda tidak bermaksud

8. Melupakan apa yang Anda lakukan saat menenggak minuman beralkohol

Risiko bagi Para Pecandu Alkohol Fungsional

Pecandu alkohol fungsional tampaknya memegang kendali, tetapi mereka mungkin menempatkan diri mereka sendiri atau orang lain dalam bahaya.

Mengonsumsi minuman beralkohol memiliki banyak risiko lain. Ini dapat menyebabkan penyakit hati, pankreatitis, beberapa bentuk kanker, kerusakan otak, kehilangan ingatan yang serius, dan tekanan darah tinggi.

Itu juga membuat seseorang lebih mungkin meninggal dalam kecelakaan mobil atau karena pembunuhan atau bunuh diri. Dan setiap penyalahgunaan alkohol meningkatkan kemungkinan kekerasan dalam rumah tangga.

Perawatan untuk pecandu alkohol fungsional tinggi sama dengan perawatan untuk jenis pecandu lainnya, Jika diperlukan kamu bisa mendatangi terapis, psikiater, atau spesialis kecanduan lainnya untuk mendapatkan bantuan.

Pilihan lain adalah dengan mengikuti program rawat jalan yang memungkinkan Anda mendapatkan perawatan di siang hari dan masih tinggal di rumah. (Sbg/Rig)

Comments