Makan di Kantor
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak sekali pekerja kantoran yang mulai dari sarapan berlanjut makan siang hingga makan malam pun dilakukan di kantor. Apakah kamu juga familiar dengan kebiasaan  makan di kantor ini?

Meskipun sudah biasa dilakukan, kebiasaan makan seperti ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan. Bahkan, karyawan bisa mengalami penambahan berat badan karena mereka ngemil secara teratur setiap hari.

Hal ini diperparah dengan kebiasaan duduk di depan komputer sepanjang hari, tanpa ada aktivitas fisik.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Meniup Makanan Panas

Masalah Pencernaan

Jangan lupa kalau kamu sering melakukan kebiasaan makan di kantor apalagi jika porsinya banyak. Hal itu rentan membuat kamu mengalami masalah pencernaan.

Sistem pencernaan jadi sangat sibuk mengolah asupan makanan yang masuk sehingga membuat tubuh jadi overdrive.

Kamu bisa saja mengalami lebih sering buang air besar yang membuat konsentrasi kerja berkurang drastis. Di samping itu, gangguan pencernaan lainnya berupa sakit perut, kembung, atau begah juga tak dapat dihindari.

Dehidrasi

Selain itu tubuh kamu butuh asupan air yang memadai untuk membantu proses pembakaran kalori. Kalau kamu makan banyak di kantor tetapi kekurangan asupan air, kemungkinan besar kamu akan mengalami dehidrasi.

Itulah sebabnya, kamu tak boleh lupa mengonsumsi air dalam jumlah cukup meskipun sedang sibuk mengurus pekerjaan.

BACA JUGA: Serangan Jantung Intai Orang yang Makan Terburu-buru

Mudah Merasa Gelisah

Risiko lain yang bisa terjadi jika kamu sering makan di kantor terlebih dalam porsi banyak,  Ternyata dapat membuat kamu jadi gelisah yang dapat berujung pada bad mood

Hal ini tentunya bisa menghambat produktivitas kerja. Bahkan, interaksi dengan atasan, rekan kerja, dan klien juga bisa terganggu lho gaes.

Sering Mengantuk

Dampak buruk lain yang tak dapat dihindari bila kamu sering makan dikantor dalam porsi banyak adalah kecenderungan mengantuk.

Asupan makanan berlebihan membuat kadar gula darah meningkat drastis sehingga rasa kantuk sulit dihindari.

Rasa ngantuk tentu membuat kamu sulit berkonsentrasi selama bekerja. Tak jarang pula pekerjaan jadi terbengkalai karena rasa kantuk hebat yang membuat dirimu tak fokus bekerja.

BACA JUGA: Menyantap Makanan yang Sama Setiap Hari, Berbahaya Gaes

Risiko Kelebihan Berat Badan dan Obesitas

Sering makan di kantor dengan porsi banyak juga bisa membuat kamumengalami kelebihan berat badan dan obesitas.

Parahnya lagi, hal ini dapat terjadi karena didukung oleh gaya hidup sedentari selama bekerja.

Duduk berjam-jam di kantor akan menghambat proses pembakaran kalori dalam tubuh. Jumlah kalori yang masuk jadi lebih besar daripada kalori yang keluar sehingga tubuh akan menyimpannya dalam bentuk cadangan lemak.

Yuk, akhiri pola makan yang keliru. supaya tubuh tetap sehat dan bersemangat saat bekerja. (Sbg/Rig)

Comments