Serial Chernobyl
Serial Chernobyl hingga kini masih jadi perbincangan para pecinta film dan pecinta tv series di berbagai penjara dunia. (Foto: HBO)

Sabigaju.com –  Jika kamu pecinta serial televisi, mungkin kini saatnya kamu menyimak serial Chernobyl yang bisa dibilang sebagai tayangan terbaik HBO saat ini.

Serial ini mengangkat kisah sejarah yang tak terlupakan di Uni Soviet yang mengalami bencana nuklir yang terjadi pada April 1986 silam.

Bencana Chernobyl tercatat sebagai kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah. Meledaknya salah satu reaktor di sana menyebabkan radiasi 100 kali lebih parah dibandingkan bom atom Nagasaki-Hiroshima.

Dikemas dalam bentuk mini seri, ‘Chernobyl’ menggambarkan ulang peristiwa tersebut lewat skenario garapan Craig Mazin (‘Hangover 2&3’) dan sutradara Johan by Renck (‘Breaking Bad’).

BACA JUGA: Serial Netflix: How to Sell Drugs Online (Fast) Beneran Ciamik 

Gapai Rating Tertinggi

Serial Chernobyl Ceritanya pendek saja, cuma lima episode. Namun sejak penayangan perdana pada 6 Mei lalu, Serial ini langsung menduduki peringkat teratas serial tv paling hits IMDB. Serial ini menerima skor tertinggi 9.5.

Chernobyl dengan sangat jelas menggambarkan kisah nyata tentang salah satu bencana akibat perbuatan manusia yang terburuk dalam sejarah dan mengisahkan para pria dan wanita pemberani yang berkorban demi menyelamatkan Eropa dari bencana tak terbayangkan.

(Foto: IMDB)

Serial Chernobyl dibintangi aktor Jared Harris, Stellan Skarsgard, dan aktris Emily Watson. Skarsgard memerankan tokoh Boris Scherbina, Kepala Biro Bahan Bakar dan Energi Uni Soviet yang bertanggung jawab atas kondisi Chernobyl usai insiden.

Dia menghadapi konflik antara mematuhi otoritas politik dan kenyataan yang amat berbeda di lapangan. Sementara, Emily Watson berperan sebagai fisikawan nuklir Ulana Khomyuk yang menjalankan misi menemukan penyebab bencana.

BACA JUGA: 8 Tahun Berjalan, Ending Serial Got Cuma Bikin Kecewa 

(Foto: IMDB)

Tokoh Khomyuk pun harus mengalami pertentangan dilematis. Ia mempertaruhkan nyawa saat mencoba menggali lebih jauh misteri ilmiah tersebut, karena harus berhadapan dengan orang-orang yang memegang rahasia mengerikan.

Saat kamu menyaksikan serial ini kamu akan merasakan betapa tim kasting Chernobyl sukses memilih pemeran yang punya kesamaan wajah dengan tokoh-tokoh sejarah dalam bencana nuklir di Soviet itu.

Bahkan hingga desain kostum dan makeup dalam serial ini bisa dibilang berhasil menghidupkan suasana dekade 80’an nyaris tanpa cela.

BACA JUGA: Sederet Serial Superhero yang Patut Ditunggu Pasca Avengers: Endgame 

Meningkatnya kunjungan Wisatawan  Ke Chernobyl

Kesuksesan serial Chernobyl ternyata berimbas pada melonjaknya angka wisatawan yang berkunjung ke  kota yang berada di Ukraina tersebut.

Sebuah agen tur Chernobyl menyebut ada kenaikan reservasi tur sebanyak 40 persen sejak miniseri itu ditayangkan. Tur berbahasa Inggris biasanya berbiaya US$100 atau sekitar Rp1,4 juta per orang.

Sergiy Ivanchuk, direktur agen tur SoloEast berkata perusahaannya melihat peningkatan sebanyak 30 persen pada Mei 2019 dibanding dengan tahun lalu di bulan yang sama.

Reservasi untuk Juni, Juli dan Agustus meningkat sekitar 40 persen sejak miniseri tayang pada awal Mei lalu.

(Foto Instagram chernobyltour)

Senada dengan Ivanchuk, Yaroslav Yemelianenko, direktur agen tur Chernobyl Tour mengatakan dirinya memperkirakan kenaikan pengunjung sebesar 30-40 persen karena miniseri Chernobyl.

Perusahaannya menawarkan tur spesial yang mengajak pengunjung ke lokasi-lokasi persis di miniseri. Lokasi ini termasuk bunker pengungsian.

Ada bus harian yang tersedia di tengah kota Kiev dan siap mengantar pengunjung sejauh 120 kilometer ke area.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan! Nih 5 Serial Superhero Terbaru Persembahan Marvel 

(Foto Instagram chernobyltour)

Pengunjung pun bisa melihat monumen yang dibangun untuk mengenang korban dan desa-desa yang terlantar. Selain itu di sana pengunjung bisa menikmati makan siang di satu-satunya restoran di Chernobyl.

Kemudian para wisatawan  akan diajak melihat reaktor nomor empat. Sejak 2017 reaktor ditutupi kubah logam besar setinggi 105 meter.

Tur pun berakhir dengan jalan-jalan di sekitar kawasan Pripyat. Sebelum menjadi kota hantu, Pripyat pernah jadi naungan bagi 50ribu orang penduduk. Rata-rata mereka bekerja di pabrik dan sebuah taman hiburan.

BACA JUGA: Hore! John Wick Bakal Jadi Serial Televisi 

(Foto Instagram chernobyltour)

Namun banyaknya wisatawan yang berfoto dan bergaya kurang sopan di sana rupanya membuat jengah dan resah Craig Mazin, pembuat serial TV Chernobyl.

“Menakjubkan melihat #ChernobylHBO menginspirasi turis untuk datang ke Zone of Exclusion. Tapi, aku sudah melihat foto yang beredar,” tulis Craig Mazin lewat Twitter.

“Jika kau berkunjung, tolong ingat tragedi mengerikan yang terjadi di sana. Sesuaikan dirimu dengan bersikap hormat pada mereka yang menderita dan berkorban,”  tutup Mazin. (Sbg/Rig)

Comments