Serangga Tom Cat
(Sumber:  Bugman Official)

Sabigaju.com – Kini, banyak penghuni apartemen ataupun perumahan yang mengeluh lantaran seringnya serangga Tomcat memasuki tempat tinggal serta membuat banyak orang terluka akibat racunnya.

Tomcat adalah serangga yang sangat berbahaya jika terjadi kontak dengan kulit manusia. Kulit akan terasa gatal sangat dahsyat, ketika tomcat menempel ataupun benda lainnya secara otomatis tomcat akan mengeluarkan cairan beracun yang sangat gatal.

Ada beberapa dugaan mengapa serangga Tomcat bisa muncul dan memasuki wilayah apartemen ataupun pemukiman di kota.

Yang Pertama kemungkinan besar karena disekitar apartemen terdapat tanaman dengan telur dan larva serangga, yang menjadi makanan favorit serangga Tomcat.

Meski jarak taman dengan apartemen bisa mencapai 20 hingga 50 meter, serangga Tomcat tetap bisa mencapai kawasan pemukiman.

Selain itu, bisa pula karena pencahayaan di apartemen yang cukup terang sehingga menarik perhatian serangga Tomcat.

Kita tidak perlu membasmi tomcat dengan pestisida ataupun cairan pembasmi nyamuk. Karena tomcat adalah serangga yang menguntungkan, terutama bagi para petani.

Tomcat diketahui merupakan predator hama wereng coklat. Kalau serangga ini dihabisi, justru akan mengganggu ekosistem.

Ada beberapa cara alami untuk mengatasi serangan si kumbang merah atau hama Tomcat.

BACA JUGA: Beberes Rumah Bikin Sehat Plus Cerdas Saat Stay At home

Cara Organik  Menghadapi Tomcat

Untuk menghindari penyebaran Tomcat  sebaiknya kamu mengurangi cahaya lampu ketika sore dan malam hari. Selain itu pintu rumah harus ditutup untuk mencegah Tomcat masuk ke rumah.

Cara ampuh untuk membasmi tomcat adalah selalu gunakan bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan. Bahan-bahan yang diperlukan adalah:

Daun mimba, lengkuas, dan serai (masing-masing 1 kg). Ketiga  bahan itu  lalu kamu haluskan, lalu dicampur dengan arutan 5 liter air. Kemudian, simpan larutan di dalam wadah selama 2-3 hari. Setelah 3 hari, masukkan ke dalam botol semprot.

Kamu sudah bisa memulai menyemprot kerumunanserangga  tomcat yang sedang berkeliaran di depan pekarangan atau hunian kamu. Larutan ini sangat ampuh dan manjur, serta tentu saja lebih murah dibandingkan membeli pestisida.

BACA JUGA: Jenis-jenis Virus yang Patut Diwaspadai Saat Ini

Pertolongan Pertama Disengat Tomcat

Adapun untuk pertolongan pertama jika kamu terkena racun  Tomcat adalah dengan minyak goreng yang diaduk dengan garam dapur. Garam dan minyak goreng banyak tersedia pada setiap dapur.

Mengoleskan lidah buaya juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi luka akibat racun Tomcat dengan segera. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya segar langsung dari tanamannya ke area kulit atau tubuh.

Namun, apabila tanaman aloe vera tidak tersedia, kamu bisa mengoleskan produk gel yang terbuat dari lidah buaya murni.

Nah, semoga informasi ini berguna baguat kamu yang kini tengah menghadapi gangguan serangga Tomcat. (Sbg/Rig)

Comments