Kecanduan Minum Kopi
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak orang tentu sudah sangat menyukai menikmati kopi, barangkali tidak terkecuali kamu. Ditambah lagi, saat ini sudah banyak kedai kopi yang hadir di setiap sudut kota.

Bukan hanya itu, banyak pula penawaran dan keberagaman bentuk serta rasa yang menarik.

Tapi, tahukah kamu, bukan berarti hal ini membuat kamu dapat bebas mengonsumsi kopi. Sebenarnya tersimpan bahaya dari gula di setiap minumannya.

 Sebenarnya tersimpan bahaya dari gula di setiap minumannya. Berikut ini bahaya kecanduan kopi yang harus kamu tahu.

BACA JUGA: Waspada Terhadap Produk Kuliner Olahan Cokelat 

Detak Jantung Bisa Lebih Cepat daripada Biasanya

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan jika sudah terlalu kecanduan minum kopi adalah detak jantungmu bisa lebih cepat daripada biasanya. Terutama hal ini terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah jantung.

Efek stimulasi kafein juga dapat menyebabkan irama jantung yang berubah atau fibrilasi atrium.

Insomnia

Selain detak jantung yang lebih cepat daripada biasanya, kecanduan minum kopi juga dapat membuat seseorang akan terkena insomnia.

Asupan kafein yang tinggi rupanya disinyalir dapat meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk tertidur. Dengan demikian, waktu tidurmu juga dapat berkurang.

Sebelum meminum kopi berlebihan, ketahuilah bahwa kafein dapat membuat tubuhmu terjaga rata-rata lima hingga sembilan jam. Maka dari itu, perhatikanlah hal ini sebelum kamu meminum kopi.

Meskipun demikian jumlah kafein yang dapat dikonsumsi tanpa mempengaruhi waktu tidur rupanya sangat bergantung pada genetika dan faktor lainnya.

BACA JUGA: Tren Kuliner Superfood yang Bakal Hype di Tahun 2020

Hati-hati Asam Lambung

Kecanduan minum kopi juga bisa berdampak terhadap asam lambungmu. Kafein yang terkandung dalam kopi mampu merangsang gerakan usus dan meningkatkan gerak peristaltik.

Kamu harus berhati-hati karena dosis kafein yang tinggi dapat menyebabkan terlalu sering buang air besar atau diare.

Selain itu, kopi juga tidak terlalu baik untuk asam lambung dan dapat memperburuk penyakit GERD.

BACA JUGA: Biar Nggak Bad Mood, Waspadai Sederet Kuliner Ini 

Tekanan Darah Tinggi

Hal lain yang bisa terjadi  bila dirimu kecanduan minum kopi a juga bisa berdampak pada tekanan darah.

Kafein juga rupanya dapat sangat mempengaruhi tekanan darah. Terlalu sering meminum kopi dapat membuat tekanan darah menjadi makin tinggi.

Hal ini karena adanya efek stimulasi pada sistem saraf. Tekanan darah yang semakin meningkat merupakan faktor risiko yang mampu menyebabkan sakit jantung maupun stroke.

So, hindari kecanduan kopi, dengan bersikap bijak dalam mengonsumsinya ya, Sobat Sabi! (Sbg/Vania)

Comments