Sys NS meninggal dunia pada Selasa (23/1)
Sys NS meninggal dunia pada Selasa (23/1)

Sabigaju.com – Seniman yang juga pendiri Partai Demokrat Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns. Soerio Soebagio, atau lebih dikenal dengan nama Sys NS meninggal dunia, Selasa (23/1)

Sys meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.Belum diketahui peyakit apa yang diidap Sys, salah satu pendiri Demokrat.

Sys NS diduga meninggal dunia akibat kelelahan. Apalagi pria 61 tahun itu baru pulang dari luar kota. Sys NS juga diketahui sedang mempersiapkan diri untuk tampil dalam acara musik Jockie Surjoprajogo.

Kabar duka ini pertama kai dibagikan oleh anaknya, Syanindita Trasysty, melalui akun Instagram. Dalam keterangannya ia pun meminta doa agar amal ibadah ayahanda diterima di sisi Tuhan.

“Innalillahi wainnailaihi raji’uun… Telah berpulang ke Rahmatullah ayah kami tercinta, RMH Heroe Syswanto NS @sys_ns pada hari Selasa, 23 Januari 2018. Mohon doanya agar almarhum husnul khotimah,” tulis Syanindita di Instagram Stories-nya.

Publik tentunya terkejut saat pertama kali mendengar kabar duka ini. Apalagi, sebelumnya belum pernah terdengar ia mengidap suatu penyakit yang begitu serius. Namun belakangan diketahui bahwa Sys NS pernah memasang ring pada jantungnya.

Besar di dunia Hiburan, Terjun Ke Politik

Sebelum terjun ke dunia politik, Sys adalah seniman, aktor dan penyiar senior. Ia memulai kariernya sebagai karyawan PT Radio Audio, Jakarta (1972-1972).

Setelah situ, ia berkarier di Radio Prambors saat bareng Pepeng, Krisna, dan Nana Krip di Radio Prambors yang membuatnya terkenal, lantaran berbagai komedian yang dilakukan bersama rekan-reknnya tersebut dalam naungan Sersan Prambors.

Di dunia politik, pria kelahiran Semarang 18 Juli 1956 tersebut pernah menjadi Anggota Badan Pekerja (PAH II) MPR-RI, periode 1999-2000 dan Anggota MPR-RI, Utusan Golongan, periode 1999-2004. Pada tahun 2001, Sys menjadi salah satu pendiri Partai Demokrat.

Namun di  penghujung tahun 2005, Sys menyatakan mundur dari Partai Demokrat karena merasa sudah tidak lagi sejalan dengan misi dan visinya.

Setelah meninggalkan Partai Demokrat, Sys NS mendirikan partai baru, Partai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang akhirnya namanya diubah menjadi Partai Nusantara Kedaulatan Rakyat Indonesia.

Jenazah Sys NS Dishalatkan di Rumah Duka

Jenazah seniman sekaligus pendiri Partai Demokrat Sys NS tiba di rumah duka di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (23/1). Jenazah yang dibawa dari Rumah Sakit Pondok Indah itu tiba sekitar pukul 15.08 WIB.

Saat tiba, kerabat yang datang ke rumah duka mengangkat keranda jenazah yang dibalut kait berwarna hijau ke dalam rumah. Kerabat mengajak para pelayat yang datang untuk mengikuti shalat jenazah.

“Kita akan melakukan shalat jenazah di rumah duka ini,” kata seorang kerabat melalui pengeras suara.

Pantauan Sabigaju dari lokasi rumah duka nampak kalangan artis atau politisi berdatangan ke rumah duka. Di antaranya adalah Gunawan, Cut Keke, Nurul Arifin, Eko Patrio, Anwar Fuady, hingga aktor sekaligus Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Suasana Haru Saat Pemakaman

Suasana haru begitu terasa saat ambulans yang membawa jenazah Sys Ns dari rumah duka, tiba di lokasi pemakaman, TPU Jeruk Purut, sekitar pukul 16.30 WIB, Selasa (23/1/2018).

Setibanya di lokasi pemakaman, keranda jenazah yang ditutup dengan kain berwarna hijau itu kemudian dibawa ke liang lahat, tempat peristirahatan terakhir.

Dengan diiringi gemuruh tahlil dan disaksikan oleh ratusan warga, serta dipimpin oleh salah satu tokoh agama, jenazah artis senior yang juga politisi itu kemudian diturunkan ke liang lahat.

“Kami memohon maaf apabila ada kesalahan yang dilakukan beliau, kami mohon maaf, baik yang disengaja maupun yang tidak,” kata salah satu perwakilan keluarga, pada sambutan pemakaman almarhum.

Selamat jalan Sys NS. (Sbg/Rig)

Comments