Sendawa terlalu banyak biasa berarti kamu mengalami masalah kesehatan
(Foto Credit: drbalan.com)

Sabigaju.com – Umumnya setelah selasai makan, Sebagian besar cowok pasti deh banyak yang sendawa. Hal ini pun dianggap menjadi sesuatu yang lumrah dan biasa terjadi.

Ya, pada dasarnya sendawa berarti proses pengeluaran udara dari mulut. Sebagian ahli menyatakan bahwa sendawa menandakan bahwa sistem pencernaan mama sudah melakukan tugasnya dengan baik.

Sendawa berarti proses pengeluaran udara dari mulut. Sebagian ahli menyatakan bahwa sendawa menandakan bahwa sistem pencernaan mama sudah melakukan tugasnya dengan baik.

Nah yang perlu di garisbawahi apabila jumlah sendawa yang dialami terlalu banyak burping ataupun muncul dibarengi gejala aneh lainnya, maka mungkin ini bukan sendawa biasa..

Menurut pakar kesehatan pencernaan NYU School of Medicine, Rabia De Latour, MD sendawa dianggap berlebihan apabila sudah mengganggu aktivitas sehari-hari dan terjadi lebih dari seminggu .Berikut beberapa tanda sendawa yang perlu kamu waspadai.

BACA JUGA: Kenyang Bego Bukan Candaan Tapi Ilmiah

1. Dibarengi Muntah

Gaes, jika kamu burping kemudian tiba-tiba muntah disertai dengan mual, kondisi ini disebutkan oledh de latour cukup berbahaya.

Salah satu kemungkinannya adalah karena ada sumbatan di usus.. Selain itu, burping yang dibarengi dengan muntah juga bisa menjadi pertanda adanya infeksi di saluran pencernaan atau bahkan kanker. Hati-hati ya, gaes!

2. Mendadak Kembung

Perut kembung bisa terjadi karena kamu menelan terlalu banyak udara, namun bila kondisi tersebut ditambah dengan rasa kembung maka bisa jadi ada penyebab lain.

Di antaranya yakni obstruksi di saluran cerna. Penyebab lain, kamu mungkin mengalami iritasi usus atau intoleransi laktosa.

BACA JUGA: Porsi Menggila Saat Makan Bersama Orang Dekat

3. Kerongkongan Terasa Terbakar

Jika bersendawa setelah makan, lalu muncul seperti rasa terbakar di kerongkongan, maka mungkin kamu mengalami Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

GERD adalah adalah saat di mana terjadi nyeri di ulu hati seperti rasa terbakar akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

4. Perlahan Berat Badan Turun

Tidak sedang diet, kok berat badanmu turun dibarengi dengan sering bersendawa ya?

Menurut De Latour bisa jadi ini menjadi tanda dari adanya sumbatan usus. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi akibat tubuh tidak mampu mencerna makanan dengan baik.

Beberapa dugaan di balik kondisi ini di antaranya alergi makanan atau gangguan pencernaan lain.

BACA JUGA: Makanan Ini Bisa Bikin Masalah Ngorok Kamu Tambah Parah! 

5. Diare

Ketika kamu sendawa berlebihan dibarengi dengan masalah pencernaan lain seperti diare, sembelit atau bahkan jadi sering kentut, kamu mungkin saja sedang mengalami Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang menyerang usus besar.

Jika kamu mengalami sendawa yang tak biasa seperti disebutkan di atas, jangan ragu lagi untuk segera berkonsultasi ke dokter ya. gaes! (Sbg/Rig)

Comments