Sabigaju.com – Sejak mendekam di Polres Jakarta Barat, Sabtu (25/3), kuasa hukum Ridho Rhoma, Krisna Murti akan mengajukan permohonan tes assessment rehabilitasi narkoba untuk kliennya. Rencananya, surat tersebut akan diajukan kepada pihak kepolisian setempat pada hari ini, Senin, 27 Maret 2017.

Surat permohon itu dilakukan untuk mengukur tingkat kecanduan terhadap narkoba guna menentukan perlu menjalani rehabilitasi atau tidak bagi putra raja dangdut Rhoma Irama ini. Menurutnya, klienya itu masih tahapan sebagai pengguna narkoba bukan seorang pengedar atau bandar narkoba.

Permohonan surat rehabilitasi narkoba, Krisna Murti merujuk dari pasal 127 ayat 1 dalam peraturan kepada badan narkotika nasional No.11 tahun 2014. Menurut-nya, pasal tersebut punya benang merah yakni pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika adalah “orang sakit” yang wajib menjalani pengobatan dengan menempatkan mereka kedalam lembaga rehabilitasi sosial.

Ridho Rhoma mengenakan Baju Tahanan Narkoba ( Istimewa )

Pertimbangan tersebut berdasarkan pada kenyataan bahwa sebagian besar pelaku kasus narkotika termasuk dalam kategori korban penyalahgunaan dan korban narkotika yang secara tidak langsung merupakan orang sakit.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Ridho Rhoma ditangkap Satuan Polisi Narkoba Polresta Jakarta Barat di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, sekitar pukul 04.00 WIB atau sebelum adzan subuh. Tertangkap-nya pria kelahiran Jakarta 14 Januari 1989 itu dikarenakan memiliki barang haram berjenis sabu-sabu seberat 0,7 gram yang disimpan di paper bag warna cokelat yang di simpan di jok depan kiri mobil Honda Civic lengkap dengan alat hisap-nya alias bong.

Dalam kasus ini, Ridho Rhoma dikenai Pasal 112 Ayat (1) sub-Pasal 127 juncto Pasal 132 Ayat (1) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Untuk Pasal 112 sendiri diketahui ancaman hukumannya paling cepat 4 tahun penjara.

Sementara itu, ancaman hukuman yang diatur Pasal 127 paling lama adalah 4 tahun, dan Pasal 132 ancaman hukuman paling sedikit 20 tahun penjara serta paling berat adalah hukuman seumur hidup hingga pidana mati.

Lantas, bagaimana nasib Ridho Rhoma, apakah ia akan menjalani rehabilitasi atau mendekam di balik jeruji? (Sbg/rig)

Comments