Semakin Tua
(Sumber Foto aktivtraening.dk/Istock)

Sabigaju.com – Seiring bertambahnya usia alias semakin tua, banyak pria yang belakangan mengalami kegemukan .

Maka hal itu pun menjadi salah satu topik yang selalu hangat untuk dibicarakan. Terlebih lagi jika berkaitan tidak hanya soal penampilan tetapi juga kesehatan.

Jika kamu sudah merasa memiliki permasalahan yang sama, pastikan kamu sudah mulai berpikir untuk mengubah pola makan hingga berolahraga.

Jika kamu menundanya, berarti kamu sudah mengulur waktu. Dengan demikian, semakin sulit pula kamu mendapatkan kesuksesan untuk penurunan berat badan.

Berikut ini adalah alasan mengapa semakin tua kamu akan semakin sulit menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Benarkah Laki-Laki Berkeluarga Cenderung Lebih Gendut? 

Adanya Penyusutan Otot

Kamu harus memahami bahwa seiring dengan bertambahnya usia, maka jaringan ototmu juga akan mengalami penyusutan.

Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang mampu membuat tubuh tidak mampu untuk memperbarui sel-sel otot yang rusak.

Jika sel-sel otot semakin berkurang, maka kalori yang ada juga tidak terbakar secara normal. Hal inilah yang membuat tubuhmu menjadi semakin gemuk.

Semakin tua, maka ligament, otot dan tendonmu juga akan semakin kaku sehingga kamu pun akan kesulitan dalam menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Lelaki dengan Postur Dad Bod Kini Banyak jadi Idaman Wanita

Kualitas Tidur yang Semakin Berkurang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin tua, kualitas tidur yang dimiliki juga akan semakin berkurang. Kesibukan yang semakin padat tentu membuat waktu tidurmu menjadi berkurang, bukan?

Maka dari itu, hormon yang ada di dalam tubuhmu juga mejadi tidak seimbang. Hal tersebutlah yang membuat kalori tidak terbakar dengan baik dan maksimal.

Metabolisme yang Berkurang

Kegemukan juga terjadi karena metabolisme yang berkurang sejalan dengan bertambahnya usia.

Tubuhmu tidak mampu bermetabolisme dengan baik seperti halnya beberapa tahun lalu sebelum sekarang.

BACA JUGA: Alasan Mengapa Cowok Chubby Bisa Disebut Pria Idaman

Untuk itu, walaupun lebih sulit, orang yang semakin berumur harus dapat mengikuti diet yang sehat dan seimbang.

Jika kamu merasa ragu dan bingung dalam merancang menu diet yang sesuai dengan kebutuhan, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizimu.

Ini dapat membantumu dalam memilih menu makanan serta jenis olahraga yang sesuai untukmu. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk menurunkan berat badan? (Sbg/Vania)

Comments