Berumah Tangga
Berumah tangga memang membahagiakan, tapi bukan berarti tanpa masalah. Jadi adalah lazim bila terjadi konflik dalam berumah tangga Sumber: huffingtonpost.com)

Sabigaju.com – Kalau kamu menduga bahwa pernikahan alias berumah tangga adalah ending yang baik dari hubunganmu, artinya kamu terjebak cerita ala-ala dongeng.

Get married means your life will be totally change! Kehidupan sebenarnya akan kamu rasakan setelah menikah nanti, apalagi saat tiba kehadiran anak. Menikah memang membahagiakan, tapi bukan berarti tanpa masalah.

Gimana enggak, sifat asli dari masing-masing pasangan akan terlihat saat berumah tangga. Belum lagi soal finansial, karir, hingga kepengurusan anak.

Pada awalnya, cinta mungkin terasa menggebu-gebu, tetapi sebelum bisa saling memahami, akan ada banyak kekecewaan dan kesulitan. Pada masa inilah cinta diuji.

Konflik dalam berumah tangga berujung cekcok adalah hal yang lazim terjadi. Tapi bukan berarti pula ini enggak bisa diselesaikan. Coba deh, selesaikan masalah rumah tangga dengan cara sederhana ini.

BACA JUGA: Pasangan Kurang Perhatian Bisa Bikin Kamu Cepat Mati Muda 

1. Bikin List

Coba deh kamu uraikan satu-satu masalah yang sedang dihadapi, tentu dari masalah terberat sampai paling ringan.

Prioritaskan masalah terberat untuk bisa diselesaikan. Ibarat benang kusut, kamu mulai mengurainya perlahan.

2. Koreksi Diri Sendiri

Saat konflik dalam  berumah tangga terjadi, ada baiknya kamu perlu mengoreksi diri sendiri.

Jangan cuma fokus sama kesalahan pasangan. Tanya diri sendiri apakah kamu yang justru jadi sumber masalahnya? Jangan utamakan ego dan jujur.

BACA JUGA: Hal Simpel Ini, Bikin Kamu Makin Lengket dan Romantis dengan Pasangan

3. Time Out

Kalau udah mulai panas, coba menghindar satu sama lain dulu. Enggak perlu menggebu-gebu untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin.

Yang perlu kamu ingat, jangan pernah ambil keputusan ketika sedang emosi. Cooling down aja dulu.

4. Komunikasikan

Bila kamu sudah berumah tangga, Jangan pendam masalah dan jangan terpaku pada pepatah bahwa waktu bisa menyelesaikan semua.

Kamu harus bisa mengkomunikasikan masalah dengan baik dan tanpa amarah. Yakin aja kalau kamu tenang, pasangan juga akan tenang.

BACA JUGA: Begini Cara Menghadapi Pasangan yang Too Controlling

5. Jangan Memojokkan

Jangankan perempuan, laki-laki pun enggak akan mau kalau dipojokkan. Walaupun dia yang salah, jangan pernah menggunakan kata tudingan seperti, “gara-gara kamu anak kita jadi nakal!”

6. Bersikap Positif

Cobalah untuk meminta maaf dan memaafkan. Peluk pasangan ketika kalian selesai dalam masalah tersebut. Sering-sering tersenyum dan menyatakan sayang juga akan menghindari masalah.

Walaupun berat, semua masalah dalam berumah tangga pasti bisa selesai. Yakin deh, kalau kalian bisa menjalaninya, hubungan kalian akan semakin dewasa. (Sbg/Dinda)

Comments