Warganet hari ini Kamis (21/6) berbondong-bondong mengucapkan selamat Ulang Tahun kepada Presiden Jokowi genap berusia 57 Tahun. (Foto: Instagram jokowi)
Warganet hari ini Kamis (21/6) berbondong-bondong mengucapkan selamat Ulang Tahun kepada Presiden Jokowi genap berusia 57 Tahun. (Foto: Instagram jokowi)

Sabigaju.com – Presiden Jokowi hari ini Kamis (21/6) genap berusia 57 tahun. Ucapan selamat ulang tahun dari warganet membanjiri media sosial.

Tanda pagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati pun menjadi trending topic di Twitter.

Warganet kebanyakan mengucapkan selamat ulang tahun dan memuji kinerja Presiden Jokowi yang tulus dan memakai hati selama dirinya menjadi presiden.

Presiden Jokowi rupanya punya harapan khusus untuk Indonesia.

“Tentu saja kita ingin Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur. Saya kira itu. Harapan rakyat sama seperti itu,” tutur Jokowi kepada awak media di Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Dari keluarga Sederhana

Presiden Jokowi lahir di Solo, Jawa Tengah pada Rabu Pon 21 Juni 1961. Dia lahir dari pasangan Wijiatno Notomiharjo dan Sujiatmi.

Sejak lahir pada 21 Juni 1961 di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Jokowi tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah kontrakan yang berlokasi di bantaran sebuah sungai di Solo. Hidup mereka sangat sederhana.

Ayah Jokowi yang sehari-hari menghidupi keluarga dengan berjualan kayu, terpaksa membawa istri dan anak-anaknya hidup berpindah dari satu rumah sewa menuju rumah sewa lainnya.

Bahkan dengan kondisi tersebut, keluarga Jokowi harus rela digusur Pemerintah Kota Solo dari tempat tinggalnya di bantaran Kali Pepe, dan tinggal menumpang di kediaman seorang kerabat daerah Gondang.

Namun, pengalaman masa kecil tersebut tidak dirasakan oleh Presiden Jokowi sebagai sebuah penderitaan.

Jokowi yang sewaktu kecil dipanggil Mulyono itu berkata bahwa waktu-waktu sulit tersebut merupakan cara Tuhan yang sangat tepat untuk membangun karakter dirinya di masa depan.

Dari Pegawai jadi Pengusaha

Selepas berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jokowi muda sempat mencicipi pengalaman kerja pada sebuah perusahaan BUMN di Aceh.

Lokasinya yang berada di tengah hutan, kondisi kerja yang keras, dan rencana untuk mempunyai buah hati menuntun Jokowi dan istri untuk kembali ke Kota Solo pada 1988.

View this post on Instagram

Di tengah kegembiraan kita seusai merayakan Hari Raya Idulfitri, berita duka datang dari Sumatra Utara. Kapal Motor Sinar Bangun mengalami musibah saat berlayar di perairan Danau Toba, Senin sore lalu. Untuk itu, saya hendak menyampaikan hal-hal sebagai berikut: 1. Saya telah mendapatkan laporan dari Menteri Perhubungan dan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kepala Badan SAR Nasional) mengenai musibah kapal motor Sinar Bangun di Perairan Danau Toba. 2. Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, kita menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia dalam musibah tersebut. 3. Terhadap korban yang hilang saya minta Basarnas, TNI, Polri, dan BNPB untuk secepatnya segera menemukan dan menyelamatkan korban. 4. Musibah ini merupakan pelajaran bagi kita semua untuk selalu hati-hati dan waspada. Bagi semua pemilik kapal patuhi semua peraturan yang ada, utamakan keselamatan penumpang, serta ikuti petunjuk dan arahan dari BMKG mengenai prakiraan dan potensi adanya cuaca buruk. 5. Saya juga minta kepada Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan di daerah untuk selalu rutin melakukan pengecekan berkala demi keamanan dan keselamatan penumpang. 6. Pemerintah akan memberikan santunan kepada keluarga korban yang meninggal dunia dan menjamin biaya perawatan untuk yang memerlukan perawatan. 7. Saya minta kasus seperti ini jangan sampai terulang lagi dan saya telah memerintahkan kepada Menteri Perhubungan untuk mengevaluasi seluruh standar keselamatan bagi angkutan penyeberangan.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Ia kemudian bekerja sementara waktu pada pabrik milik pamannya, hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti. Jokowi muda pun memulai usaha mebelnya sendiri. Usaha yang mulanya berjalan dengan kondisi sederhana lambat laun berkembang.

Dari ruang lingkup regional, usaha ayah tiga anak–Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep–ini tumbuh melingkupi pasar nasional, hingga kemudian merambah pasar mancanegara.

Main sama Cucu

Saat ini, sudah hampir empat tahun Jokowi memimpin Indonesia. Karier politiknya bermula saat ia menjadi wali kota Solo mulai 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012. Dua tahun kemudian, dia ditunjuk oleh PDIP maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2012. Dipasangkan bersama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jokowi memenangkan Pilgub DKI.

Kemudian, proses Jokowi menjadi Presiden RI ke-7 dimulai ketika diusung PDIP dan koalisi maju ke Pilpres 2014. Jokowi dipasangkan dengan Jusuf Kalla yang akan memimpin RI sampai 2019 mendatang.

Di usianya yang ke-57, Presiden Jokowi telah dikaruniai seorang cucu laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra, buah pernikahan dari anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda Putri.

Dia juga telah menikahkan anak perempuannya Kahiyang Ayu dengan pria keturunan Mandailing, Sumatera Utara, bernama Bobby Nasution.

Selamat Panjang Umur Presiden Jokowi! (Sbg/Rig)

Comments